Search

Diselamatkan Jokowi dari Malapetaka, Begini Reaksi Freeport - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Freeport Indonesia, produsen tembaga terbesar di Indonesia, akhirnya bisa bernapas lega dan selamat dari ancaman "malapetaka" besar yang siap mengintai perusahaan.

Pasalnya, Pemerintah Indonesia sudah memberikan izin bagi Freeport untuk melanjutkan ekspor konsentrat tembaga setelah Juni 2023 hingga Mei 2024 mendatang.

Seperti diketahui, berdasarkan amanat Undang-Undang No.3 tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (UU Minerba), pemerintah mulai menghentikan ekspor mineral mentah, termasuk konsentrat, pada 10 Juni 2023 mendatang.

Bila ekspor konsentrat tembaga ini dihentikan pada Juni 2023, maka Freeport terancam menghadapi 'malapetaka' berupa Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) puluhan ribu pekerja hingga berpotensi kehilangan pendapatan hingga US$ 8 miliar atau sekitar Rp 120 triliun per tahun.

Lantas, bagaimana reaksi PT Freeport Indonesia terkait kabar diberikannya izin ekspor konsentrat tembaga setelah Juni 2023 ini?

VP Corporate Communications Freeport Indonesia Katri Krisnati mengatakan bahwa pihaknya belum menerima konfirmasi resmi dari pemerintah perihal izin ekspor konsentrat tembaga setelah Juni 2023 ini.

Namun demikian, bila izin itu benar diberikan, maka Freeport mengapresiasi dukungan pemerintah untuk memastikan kontinuitas operasional tambang perusahaan.

Di sisi lain, menurutnya ini juga berdampak pada kepastian keberlanjutan investasi yang akan berdampak signifikan bagi perekonomian Indonesia, dan khususnya masyarakat Papua.

"Kami belum menerima konfirmasi resmi dari Pemerintah perihal izin ekspor konsentrat tembaga. Jika keputusan tersebut diberikan, kami sangat mengapresiasi dukungan Pemerintah untuk memastikan kontinuitas operasional tambang yang secara teknis sangat dibutuhkan dan keberlanjutan investasi yang akan berdampak signifikan bagi ekonomi Indonesia khususnya masyarakat Papua," jelasnya kepada CNBC Indonesia, Jumat (28/04/2023).

Kepastian Freeport Indonesia memperoleh izin ekspor konsentrat tembaga setelah Juni 2023 ini diungkapkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Arifin mengungkapkan bahwa Pemerintah Indonesia sudah menyetujui kelanjutan ekspor konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia setelah Juni 2023 hingga Mei 2024.

Dengan keputusan perpanjangan izin ekspor konsentrat tembaga tersebut, Kementerian ESDM pun menurutnya tengah menyiapkan regulasi baru berupa Peraturan Menteri ESDM (Permen ESDM).

"Itu (izin ekspor konsentrat tembaga) lewat Permen," ungkap Menteri ESDM Arifin Tasrif saat ditemui di gedung Kementerian ESDM, Jumat (28/4/2023).

Kendati demikian, Freeport menurutnya harus memenuhi berbagai persyaratan sebelum diizinkan ekspor. Arifin mengatakan bahwa izin ekspor tembaga Freeport akan diberikan dengan catatan, salah satunya syarat administrasi yang harus dipenuhi.

Sampai saat ini, Arifin menyebut pihaknya tengah menyusun hal-hal administratif yang perlu dipenuhi oleh Freeport.

"(Izin ekspor tembaga sampai) Mei 2024, dengan catatan. Itu ada lagi juga hal-hal administratif yang kita sedang siapkan. Administrasi istilahnya, mirip-mirip denda," ucapnya.

Arifin pun membeberkan sejumlah pertimbangan yang membuat pemerintah akhirnya mengizinkan Freeport untuk tetap bisa mengekspor konsentrat setelah Juni 2023 mendatang.

Pertama, Arifin menyebut, salah satu pertimbangan pemerintah mengizinkan kelanjutan ekspor konsentrat tembaga Freeport karena adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada waktu pembangunan smelter Freeport menjadi tertunda.

"Kita consider itu karena ada pandemi. Juni, nah ini kita sedang ya.. kalau nggak boleh ekspor gimana? Udah, boleh," ungkapnya saat ditanya jadi keputusannya boleh diizinkan ekspor setelah Juni atau tidak, di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/04/2023).

Arifin menjelaskan, diizinkannya Freeport untuk tetap bisa mengekspor konsentrat setelah Juni 2023 ini dengan pertimbangan keadaan kahar alias force majeure pandemi Covid-19, sehingga dinilai tidak melanggar UU Minerba.

"Kita consider apa yang sudah terbangun dari proyeknya, dari komitmennya. Kita consider kendala yang dihadapi pembangunannya. Kan waktu Covid, dia kontraktornya Jepang. Jepang aja berapa tahun aja itu lockdown-nya. Memang pengerjaan engineeringnya agak sulit berprogres. Kalau engineering gak progress, pembelian materi procurement-nya juga nggak berprogres," jelasnya.

"Kan ada masalah force majeure itu, kan memang pandemi dampaknya begitu kan. Kan virus membahayakan," ucapnya.

Pertimbangan kedua, mayoritas pemegang saham PT Freeport Indonesia (PTFI) kini juga dimiliki Indonesia melalui MIND ID, Holding BUMN Pertambangan, yakni sebesar 51%.

"Ya kan kita tahu bahwa dalam pembangunan itu kan terkendala ada pandemi yang menjadi bahan konsiderasi kita, karena kalau disetop sama sekali kan juga MIND ID 51%, Indonesia sudah 51% sahamnya. Dampaknya akan lebih banyak ke kita. Kita udah cari jalan keluarnya," tuturnya.

Pertimbangan berikutnya yaitu adanya potensi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bila ekspor konsentrat tembaga Freeport disetop.

Dia menyebut, ribuan pekerja bisa terdampak bila ekspor konsentrat Freeport disetop pada Juni 2023 mendatang.

"Oh iya dong, kalau ngga kerja kan bisa ada dampak sosialnya. Ya banyak lah kalau ga kerja sekian tahun kan banyak. Terutama yang upah harian. Kalau konstruksi iya ribuan, kan di tambang ribuan juga," ungkapnya saat ditanya apakah potensi PHK menjadi salah satu pertimbangan diizinkannya Freeport untuk melanjutkan ekspor konsentrat.

Dia menyebut, sampai saat ini progres pembangunan smelter Freeport telah mencapai sekitar 60% dengan pengeluaran sudah sekitar US$ 1,5 miliar.

Sebelumnya, Freeport McMoran, pemegang 48,76% saham PT Freeport Indonesia, mengungkapkan bahwa Freeport Indonesia tengah berdiskusi dengan Pemerintah Indonesia untuk kelanjutan ekspor konsentrat tembaga setelah Juni 2023.

CEO Freeport McMoran Richard Adkerson menyebut, pihaknya tengah berdiskusi dengan Pemerintah Indonesia untuk memperoleh persetujuan kelanjutan ekspor konsentrat tembaga setelah 10 Juni 2023 mendatang sampai pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga baru di Manyar, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, beroperasi penuh pada 2024 mendatang.

Pihaknya beralasan, proses pembangunan smelter Manyar ini telah memiliki kemajuan signifikan. Sampai Maret 2023, proses pembangunan smelter ini telah mencapai sekitar 60%. Ditargetkan smelter ini bisa beroperasi pada Mei 2024 mendatang.

Adapun sempat tertundanya pembangunan smelter ini menurutnya karena terkendala pandemi Covid-19, sehingga tidak bisa tuntas pada 2023, terutama sebelum aturan larangan ekspor mineral mentah ini berlaku pada Juni 2023 mendatang.

"Dalam IUPK Freeport mengizinkan ekspor berlanjut selama 2023, tergantung pada pertimbangan keadaan kahar (force majeure). PTFI sedang bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk memperoleh persetujuan untuk kelanjutan ekspor sampai smelter Manyar dan PMR (Precious Metal Refinery yang memproduksi emas dan perak) telah beroperasi penuh," ungkapnya dalam laporan Kinerja Q1 2023, dikutip Kamis (27/04/2023).

Adkerson menyebut, selama kuartal I 2023, belanja modal yang telah dikeluarkan PTFI untuk smelter Manyar dan PMR ini telah mencapai US$ 0,3 miliar dan untuk setahun pada 2023 ini diperkirakan biaya yang akan dikeluarkan bisa mencapai US$ 1,6 miliar.

Adapun total investasi untuk proyek smelter Manyar dan PMR ini mencapai US$ 3,4 miliar, terdiri dari investasi smelter Manyar sebesar US$ 3 miliar dan proyek PMR sebesar US$ 400 juta.

Proyek smelter Manyar akan mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun menjadi sekitar 600 ribu ton katoda tembaga per tahun. Sementara proyek PMR akan memproduksi emas dan perak. Kedua proyek ini diperkirakan akan beroperasi pada 2024.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Produksi Emas Freeport Tahun Ini Tembus 1,6 Juta Ons


(wia)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMidWh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL25ld3MvMjAyMzA0MjgxOTEyMTEtNC00MzMxNjEvZGlzZWxhbWF0a2FuLWpva293aS1kYXJpLW1hbGFwZXRha2EtYmVnaW5pLXJlYWtzaS1mcmVlcG9ydNIBeWh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL25ld3MvMjAyMzA0MjgxOTEyMTEtNC00MzMxNjEvZGlzZWxhbWF0a2FuLWpva293aS1kYXJpLW1hbGFwZXRha2EtYmVnaW5pLXJlYWtzaS1mcmVlcG9ydC9hbXA?oc=5

2023-04-28 12:25:05Z
1958325147

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Diselamatkan Jokowi dari Malapetaka, Begini Reaksi Freeport - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.