Search

Harga Emas Pegadaian Hari Ini: 1 Gram Dibanderol Rp 1,07 Juta - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga jual emas di PT Pegadaian (Persero) sudah diperbarui. Lumayan, harga 1 gram emas masih di atas Rp 1 juta.

Berikut harga emas di Pegadaian pada 13 September 2020:


Harga emas di Pegadaian (atau Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk) tidak lepas dari pergerakan harga emas dunia di pasar spot. Dalam sepekan ini, harga sang logam mulai naik 0,37% secara point-to-point.

Harga emas tidak bisa naik terlalu tajam karena kebetulan dolar Amerika Serikat (AS) sedang menguat. Keduanya memang punya hubungan yang berbanding terbalik.

Emas adalah komoditas yang dibanderol dengan dolar AS. Jadi ketika dolar AS menguat, emas jadi terasa mahal buat investor yang memegang mata uang lain. Permintaan emas melambat sehingga mempengaruhi harga.

Dalam sepekan terakhir, Dollar Index (yang mengukur posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) menguat 0,57%. Dolar AS mengalami technical rebound setelah selama tiga bulan ke belakang ambles 4,18%.

Namun ke depan, sepertinya prospek mata uang Negeri Paman Sam tidak cerah. Ini karena kebijakan moneter The Federal Reserve/The Fed kemungkinan masih akan longgar sampai ekonomi AS pulih dari dampak pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19). Menurut Jerome 'Jay' Powell, Ketua The Fed, mungkin butuh hitungan tahun.

"Proyeksi jangka menengah-panjang untuk emas masih bullish, meski saat ini ada konsolidasi. Kebijakan moneter ultra-longgar dan imbal hasil (yield) obligasi yang rendah akan menjadi bantalan penurunan harga emas," ujar Margaret Yang, Strategist di Daily FX, seperti dikutip dari Reuters.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(aji/aji)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMifWh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL2ludmVzdG1lbnQvMjAyMDA5MTMwODIyMjAtMjEtMTg2Mzk3L2hhcmdhLWVtYXMtcGVnYWRhaWFuLWhhcmktaW5pLTEtZ3JhbS1kaWJhbmRlcm9sLXJwLTEwNy1qdXRh0gEA?oc=5

2020-09-13 02:20:00Z
52782380391109

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Emas Pegadaian Hari Ini: 1 Gram Dibanderol Rp 1,07 Juta - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.