Search

See! Pelaku Pasar Gelisah, Dampak PSBB Negatif untuk IHSG - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (9/9/20) ditutup turun hampir 2% atau tepatnya 1,81% di level 5.149,37. Hari ini, tekanan terhadap IHSG berpotensi berlanjut, penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) oleh Pemprov DKI menjadi pemicunya.

Data perdagangan mencatat, investor asing melakukan aksi jual bersih sebanyak Rp 591 miliar di pasar reguler dengan nilai transaksi menyentuh Rp 7,4 triliun.

Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan sentimen datang dari kebijakan pemerintah DKI Jakarta yang kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). PSBB total ini tentu akan memberikan impact negative terhadap pasar modal dalam negeri, baik saham maupun obligasi.


Namun demikian, sekuritas ini melihat kali ini pelaku pasar dan investor diperkirakan lebih siap menerima hal tersebut, sehingga penurunan mungkin akan terjadi namun dengan persentase yang lebih rendah sembari pelaku pasar dan investor mengamati dan mencermati perkembangan selanjutnya.

Ada potensi perpindahan dana dari saham karena asset yang memiliki nilai resiko yang lebih besar kepada obligasi dengan tingkat resiko yang lebih kecil. Namun dengan adanya psbb total yang diberlakukan kembali ada kemungkinan pasar obligasi juga mengalami kenaikkan imbal hasil hari ini sebagai bentuk kompensasi kenaikkan resiko.

Artha Sekuritas juga mengungkapkan investor mulai melakukan wait and see beberapa data perekonomian. Selain itu juga dipengaruhi oleh kekhawatiran tingginya kasus covid-19 di Indonesia yang akan mempengaruhi perekonomian hingga akhir kuartal ketiga tahun ini.

Dari segi teknikal, Reliance Sekuritas Indonesia mengatakan IHSG bergerak melemah menguji support Moving Average 50 hari di kisaran 5.139 setelah tidak mampu kembali berada diatas Moving Average 20 hari di kisaran 5.265.

Indikator stochastic bergerak menjenuh dengan momentum RSI masih bergerak bearish. Sehingga pada pergerakan selanjutnya IHSG memiliki potensi menguji Moving Average 50 sebagai konfirmasi pola reversal jangka pendek dengan pergerakan yang cenderung moderate di support 5.139 dan resistance 5.228.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMidWh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL21hcmtldC8yMDIwMDkxMDA4NDMxNC0xNy0xODU3MTcvc2VlLXBlbGFrdS1wYXNhci1nZWxpc2FoLWRhbXBhay1wc2JiLW5lZ2F0aWYtdW50dWstaWhzZ9IBAA?oc=5

2020-09-10 01:49:31Z
52782368820922

Bagikan Berita Ini

0 Response to "See! Pelaku Pasar Gelisah, Dampak PSBB Negatif untuk IHSG - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.