Search

KEIN: Konsep Ekonomi Umat Bisa Tekan Ketimpangan di RI

Liputan6.com, Medan - Pemerintah secara resmi menetapkan Program Pemerataan Ekonomi sebagai proyek strategis nasional. Penetapan ini dianggap tepat karena menurut data Bank Dunia tahun 2015, Indonesia merupakan negara dengan ketimpangan ekonomi tertinggi ketiga di dunia setelah Rusia dan Thailand.

Dalam data tersebut juga dijelaskan Gini rasio di Indonesia mencapai 0,39 dan indeks gini penguasaan tanah mencapai 0,64. Selain itu, 1 persen orang terkaya menguasai 50,3 persen kekayaan nasional, sedangkan 0,1 persen pemilik rekening menguasai 55,7 persen simpanan uang di bank.

Dengan demikian maka ekonomi di Indonesia saat ini hanya dinikmati 10-20 persen kelompok dengan penghasilan teratas.

Melihat kondisi tersebut, Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) mengusulkan harus ada konsep ekonomi baru untuk menekan angka ketimpangan di Indonesia, salah satunya adalah konsep ekonomi umat.

Ketua KEIN Soetrisno Bachir mengatakan, konsep ekonomi umat memiliki inisiatif memperkuat kemitraan antara pesantren, UMKM, organisasi-organisasi kemasyarakatan dengan menggandeng pihak swasta nasional, BUMN dan kementerian serta lembaga.

“Sehingga terjadi kerja sama yang saling-menguntungkan, meningkatkan skala ekonomi, meningkatkan daya beli masyarakat, serta mengatasi kesenjangan yang ada di Indonesia,” kata Soetrisno dalam orasi ilmiahnya di acara Muzakarah Pemberdayaan Ekonomi Keummatan Dalam Bingkai NKRI yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Sumatera Utara di Kota Medan, Minggu (29/4/2018).

Menurut Soetrisno, Indonesia sebagai negara yang berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia tentunya memiliki potensi untuk membangun peradaban ekonomi yang lebih baik, islami dan berpihak pada rakyat.

Namun kenyataannya peradaban ekonomi yang berkembang adalah peradaban yang berasal dari bangsa-bangsa lain yang non islam. Maka dari itu, Soetrisno mengajak para umat islam untuk menerapkan konsep ekonomi umat.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3494107/kein-konsep-ekonomi-umat-bisa-tekan-ketimpangan-di-ri

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KEIN: Konsep Ekonomi Umat Bisa Tekan Ketimpangan di RI"

Post a Comment

Powered by Blogger.