Search

Rupiah Terus Melemah, BI Siap Naikkan Suku Bunga

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan terus menjaga stabilitas sistem keuangan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah menaikkan suku bunga acuan di saat nilai tukar rupiah terus mengalami tekanan. 

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, tugas dari Bank Indonesia adalah menjaga stabilitas perekonomian dan angka inflasi yang rendah dan stabil. Termasuk mengantisipasi tekanan terhadap nilai tukar rupiah.

Karena itu, dia mengatakan BI tidak akan segan-segan melakukan penyesuaian suku bunga acuan atau BI 7-day repo rate, jika tekanan terhadap nilai tukar rupiah berindikasi mengganggu stabilitas perekonomian.

"Bank Indonesia akan terus apabila tekanan terhadap nilai tukar terus berlanjut serta berpotensi mengganggu stabilitas perekonomian, Bank Indonesia tidak menutup ruang bagi penyesuaian suku bunga kebijakan BI 7-day repo rate," ungkapnya usai Rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan, di Bank Indonesia, Jakarta, Senin (30/4/2018).

"Jadi yang mau saya katakan, kita belum tentu akan naikan (7-day repo rate). Apa bila perlu kita tidak akan ragu. Untuk jaga stabilitas sistem keuangan dan inflasi yang kita targetkan sesuai dengan targetnya," jelasnya.

Meskipun demikian, Agus menegaskan bahwa kebijakan tersebut akan dilakukan secara hati-hati dengan mempertimbangkan situasi terkini.

"Akan kita bahas secara baik dan tergantung dari datanya. Kita masih akan mengkaji dan tergantung dengan data. Kalau kita mau naikkan itu bentuknya bauran kebijakan," ujarnya.

Selain itu untuk menjaga stabilitas sistem keuangan BI akan berada di pasar untuk memastikan tersedianya likuidasi dalam jumlah yang memadai baik valas maupun rupiah serta berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk mendorong lindung nilai.

"Juga memantau perkembangan perekonomian global dan dampaknya pada perekonomian domestik. Serta memperkuat second line of defence bersama institusi terkait," tandas dia.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3495373/rupiah-terus-melemah-bi-siap-naikkan-suku-bunga

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rupiah Terus Melemah, BI Siap Naikkan Suku Bunga"

Post a Comment

Powered by Blogger.