Search

98 Persen Pekerja Proyek PLTU Lontar dari Lokal

Liputan6.com, Jakarta Pembangunan PLTU Lontar ekstensi keempat berhasil menyerap 2.000 pekerja lokal. Sementara untuk tenaga asing hanya 41 orang atau sekitar 2 persen dari total pekerja.

PLN menilai keberadaan pekerja ini sebagai nilai tambah proyek pemerintah di daerah. "Jadi kalau ada yang tanya bagaimana tenaga kerja, dari 2.000 lokal itu semuanya hanya 41 yang asing, jadi 2 persen saja," ungkap Direktur Regional Jawa Bagian Barat Haryanto WS di PLTU Lontar, Tangerang, pada Jumat (29/5/2019).

"Jumlah tenaga kerja ini akan terus meningkat di tahun 2019 sejalan dengan pencapaian progressnya. Hal ini tentu memberikan dampak positif bagi multiplier effect secara langsung untuk wilayah Banten dan sekitar," dia menambahkan.

Menurut pantauan Liputan6.com, pekerja asing yang terlihat di proyek PLTU Lontar berasal dari Black & Veatch International Company, salah satu dari anggota konsorsium proyek. Itu pun yang terlihat adalah tenaga ahli.

Proyek senilai Rp 1,43 triliun ini memiliki konsorsium yang terdiri atas Black & Veatch International Company Sumitomo Corporation, dan PT Satyamitra Surya Perkasa. Proyek rencananya rampung pada September mendatang.

“Proyek PLTU Lontar Extension ini berbahan bakar batubara jenis low rank coal (LRC). Proyek PLTU Lontar Extension ini dibangun di lokasi pembangkit PLTU 3 Banten existing, dengan progress 87,68 persen. PLTU ini direncanakan akan mulai beroperasi pada September 2019," jelas Haryanto.

Secara keseluruhan, program 35.000 MW ini memberikan dampak ekonomi yang besar dan memberikan peluang kepada 620 ribu tenaga kerja secara langsung dan 3 juta tenaga kerja secara tidak langsung di seluruh Indonesia.

Sebaran lokasinya adalah 59 lokasi di Sumatra, 34 lokasi di Pulau Jawa, 49 lokasi di Sulawesi, Kalimantan 34 lokasi dan Indonesia Timur 34 lokasi.

Program ini telah membuka peluang bagi pembangunan 75 ribu set tower, memanfaatkan 300 ribu kilometer konduktor aluminium, membangun 1.382 unit gardu induk, menggunakan 2.600 set trafo dan menyerap 3,5 juta ton baja profil dan pipa bukan pembangkit.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3929319/98-persen-pekerja-proyek-pltu-lontar-dari-lokal

Bagikan Berita Ini

0 Response to "98 Persen Pekerja Proyek PLTU Lontar dari Lokal"

Post a Comment

Powered by Blogger.