Search

Jadi Bahan Kritik Prabowo, Perlukah Anggaran Pertahanan Ditambah?

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden (capres) Prabowo Subianto menyoroti masalah anggaran pertahanan yang dinilai masih kecil dalam debat keempat capres yang berlangsung Sabtu (30/3/2019) malam.

Lantas apa kata pengamat terhadap kondisi pertahanan Indonesia saat ini?

Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan, isu pertahanan dan keamanan Indonesia yang lemah bukan hal yang baru dan sudah dipersoalkan sejak lama.

"Beberapa faktor sebagai pemicunya seperti pendanaan alutsista yang kurang memadai dan sumber daya manusia yang juga perlu perbaikan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu (31/3/2019).

Menurut dia, tata kelola pertahanan Indonesia perlu dibenahi segera. Hal ini karena kebutuhan mendesak bangsa yang dihadapkan pada pesatnya perubahan-perubahan yang terjadi di ranah global dan kondisi yang terkait pelaksanaan otononi daerah serta fragmentasi kekuatan-kekuaran politik dan masyarakat yang cenderung tidak terkelola dengan baik.

"Kegaduhan yang relatif intens belakangan ini disebabkan tidak adanya keadilan, menguatnya egosentrisme atau bangkitnya primordialisme, terkoyaknya kohesi sosial, hilangnya keadaban publik, ketidakpastian dan ketidakadilan hukum, pelangaran moral dan rendahnya daya saing bangsa. Sebagai penjaga kedaulatan negara, institusi pertahanan harus sigap dan profesional dalam merespon dan menjamin masalah pertahanan," jelas dia.

Oleh sebab itu, kata Siti, masalah pembenahan tata kelola pertahanan tidak hanya membangun sistemnya semata, tetapi juga disertai dengan penambahan anggaran yang akan menentukan alat-alat persenjataan yang diperlukan.

"Anggaran pertahanan yang sangat memadai akan memudahkan instutusi TNI untuk meng-update dan memenuhi jenis-jenis persenjataan yang diperlukan," tandas dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3930522/jadi-bahan-kritik-prabowo-perlukah-anggaran-pertahanan-ditambah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jadi Bahan Kritik Prabowo, Perlukah Anggaran Pertahanan Ditambah?"

Post a Comment

Powered by Blogger.