Search

Rupiah Melemah 0,5 Persen Sepekan Terakhir

Liputan6.com, Jakarta Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Dody Budi Waluyo menyebutkan meski sering menguat, Rupiah mengalami depresiasi atau melemah terhadap Dolar AS (USD) dalam satu pekan terakhir. 

"Rupiah mengalami depresiasi selama seminggu 0,5 persen," kata dia di kompleks BI, Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Kendati demikan, secara year to date (ytd) Dody menyebutkan jika kondisi Rupiah masih berada dalam tren yang positif. "Secara ytd masih positif apresiasi 0,9 persen," ujarnya.

Dia mengungkapkan, depresiasi Rupiah saat ini dipengaruhi kondisi ekonomi global. Di mana pertumbuhan ekonomi dipastikan melambat serta Brexit yang masih belum ada kejelasan.

"Dan beberapa negara emerging market (berkembang) seperti Argentina mengalami tekanan Pesonya Turki juga demikian, treatment presiden membuat Lira tertekan itu secara global dari pasar keuangan ke emerging dampaknya terasa," ungkap dia.

Dody menjelaskan, kondisi Rupiah banyak dipengaruhi supply dan demand di pasar. Bank sentral pun dikatakan akan selalu menjaga Rupiah untuk tetap berada pada fundamentalnya.

Kendati demikian, dia mengakui nilai tukar Rupiah saat ini memang masih kemurahan atau undervalue.

"Jadi itu kita selalu melihat stabilitasnya mengarah menguat atau melemah tentunya sepanjang itu sesuai fundamentalnya harus kita terima. Kita melihat saat ini masih undervalue, sehingga seharusnya masih bisa lebih menguat," ujarnya.

Laju nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) cenderung menguat menyambut akhir pekan ini.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah naik 11 poin atau 0,07 persen ke posisi 14.244 per dolar AS dari posisi kemarin di 14.255 per dolar AS.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka menguat terbatas ke posisi 14.241 per dolar AS dari penutupan kemarin 14.243 per dolar AS.

Pada Jumat siang ini, rupiah bergerak di posisi 14.226 per dolar AS. Sepanjang Jumat pekan ini, rupiah berada di posisi 14.226-14.246 per Dolar AS.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3929250/rupiah-melemah-05-persen-sepekan-terakhir

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rupiah Melemah 0,5 Persen Sepekan Terakhir"

Post a Comment

Powered by Blogger.