Search

Kekhawatiran Ekonomi Global Melambat Bikin IHSG Melemah selama Sepekan

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah selama sepekan ini. Hal tersebut didorong kekhawatiran pasar terhadap perlambatan ekonomi global.

Mengutip laporan PT Ashmore Asset Management Indonesia, Sabtu (30/3/2019), IHSG turun 0,87 persen dari posisi 6.525 pada 23 Maret 2019 menjadi 6.468 pada 30 Maret 2019. Saham-saham berkapitalisasi besar yang masuk indeks LQ45 merosot 0,67 persen selama sepekan ini.

Investor asing juga beli saham sebesar USD 63,5 juta atau sekitar Rp 902,90 miliar (asumsi kurs Rp 14.218 per dolar AS).

Sementara itu, indeks obligasi juga turun 0,33 persen. Imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 10 tahun mendatar di posisi 7,63 persen.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah ke posisi 14.241. Investor asing beli obligasi mencapai USD 345,3 juta atau sekitar Rp 4,9 triliun hingga perdagangan Rabu pekan ini.

Ada sejumlah sentimen bayangi laju pasar keuangan termasuk IHSG. Dari eksternal, perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China masih mempengaruhi fokus pelaku pasar. Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin menulis dalam akun media sosial twitter, kalau ia dan perwakilan dagang AS Robert Lightizer menyimpulkan pembicaraan perdagangan “konstruktif” di Beijing.

"Saya berharap dapat menyambut Wakil Perdana Menteri China Liu He untuk melanjutkan diskusi penting ini di Washington pada pekan depan," ujar dia.

Pada Kamis pekan lalu, Perdana Menteri China Li Keqiang menuturkan, pemerintahan China akan memperluas akses pasar untuk bank-bank asing dan perusahaan sekuritas serta asuransi.

Ini menambah spekulasi China akan segera mengumumkan peraturan baru untuk memungkinkan perusahaan keuangan asing meningkatkan kehadirannya di dalam negeri.

Penasihat ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow menuturkan, AS mungkin menurunkan beberapa tarif jika kesepakatan perdagangan tercapai sambil menjaga yang lain untuk memastikan kepatuhan pemerintahan China.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3929743/kekhawatiran-ekonomi-global-melambat-bikin-ihsg-melemah-selama-sepekan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kekhawatiran Ekonomi Global Melambat Bikin IHSG Melemah selama Sepekan"

Post a Comment

Powered by Blogger.