Search

Menperin Sebut Pekerja Linting Kretek Jadi Pahlawan Industri

Liputan6.com, Jakarta - Industri hasil tembakau (IHT) merupakan salah satu sektor industri yang berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia.

Selain melalui penerimaan cukai, industri ini juga banyak menyerap tenaga kerja di dalam negeri.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di sela-sela acara silaturahim dengan para pekerja linting di pusat fasilitas produksi PT HM Sampoerna Tbk di Surabaya, Jawa Timur.‎

Airlangga mengatakan, ratusan ribu para pekerja wanita linting sigaret kretek tangan (SKT), yang banyak tersebar di Jawa Tengah dan Jawa Timur merupakan pahlawan industri di Indonesia.

Para pekerja turut berkontribusi dalam menyumbangkan penerimaan cukai bagi negara, yang pada 2018 mencapai Rp 153 triliun.

"Ibu-ibu merupakan pejuang industri. Di dalam setiap rupiah (yang disumbangkan ke negara), ada usaha, kerja keras, dan keringat ibu-ibu. Oleh karena itu, ibu-ibu adalah pahlawannya industri," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Dalam dua minggu terakhir, Airlangga telah menemui sekitar 8.000 pekerja linting SKT yang tersebar di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3929434/menperin-sebut-pekerja-linting-kretek-jadi-pahlawan-industri

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menperin Sebut Pekerja Linting Kretek Jadi Pahlawan Industri"

Post a Comment

Powered by Blogger.