Search

53 Pengelola Tol Kumpul di Jakarta, Ini yang Dibahas

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) menggelar rapat koordinasi terkait pengelolaan jalan tol bersama 53 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Jakarta, Senin (29/4/2019). Rapat yang akan berlangsung selama dua hari ini bakal turut membahas seputar tantangan dalam pengelolaan jalan tol.

Dalam kesempatan tersebut, hadir beberapa tokoh di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Ketua Umum ATI Desi Arryani, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, hingga bos-bos perusahaan tol.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, Pemerintah RI dibawah kabinet Joko Widodo (Jokowi) target untuk bisa mengoperasikan sepanjang 1.852 km jalan tol hingga 2019.

"Khusus jalan tol, selama 5 tahun nanti akan ada tambahan 1.852 km. Sekarang hampir 1.000 sudah diresmikan dan dioperasikan. Namun demikian, kita pasti juga ke depan banyak tantangan," ungkap dia di Fairmont Hotel, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Dia menambahkan, selama masa kerjanya ia telah menerima banyak permintaan dari kepala daerah terkait penambahan pintu keluar tol yang terhubung ke kawasan industri di wilayahnya.

"Saya bilang no. Kita harus mendesain supaya efisien. Itu cost semua. Harus didesain betul kawasan industri supaya dilayani jalan tol," seru dia.

Sementara itu, Ketua Umum ATI Desi Arryani menyatakan, selama 5 tahun pemerintahan Jokowi perkembangan infrastruktur terhitung luar biasa. Puncaknya, ketika Jalan Tol Trans Jawa berhasil tersambung sepanjang 933 km dari Merak hingga Grati, Kabupaten Pasuruan.

"Selama 5 tahun pemerintahan Jokowi, perkembangan infrastruktur luar biasa. Ultimate-nya kemarin ketika tersambung Trans Jawa," sebut dia

Namun begitu, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk ini mencermati, pencapaian luar biasa dalam waktu singkat tersebut juga turut menimbulkan tantangan besar.

"Utamanya finansial, pendanaan dalam waktu pendek. Kemudian tantangan teknis semisal masalah pembebasan lahan. Tantangan operation juga soal mengoperasikan tol sepanjang 1.000 km lebih. Terutama juga tantangan-tantangan lain dari sisi keorganisasian," paparnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3953002/53-pengelola-tol-kumpul-di-jakarta-ini-yang-dibahas

Bagikan Berita Ini

0 Response to "53 Pengelola Tol Kumpul di Jakarta, Ini yang Dibahas"

Post a Comment

Powered by Blogger.