Search

Sepanjang 2019, Menteri Susi Sudah Tangkap 81 Kapal Pencuri Ikan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melaporkan, ada sebanyak 81 kapal asing yang berhasil ditangkap pada 2019 lantaran kedapatan mencuri sumber daya laut di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) milik Indonesia.

Dari hasil penangkapan tersebut, ia menyebutkan, sebanyak 51 di antaranya sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht) untuk dapat ditenggelamkan.

"Tahun ini sudah sampai ada 81 kapal (yang berhasil disita), tapi sebagian besar belum inkracht. 51 kapal sudah inkracht, 30 belum," ujar dia saat menggelar sesi konferensi pers di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Tindak penenggelaman kapal ini, menurut dia, merupakan upaya pemerintah dalam menjaga kedaulatan negara sekaligus memberikan efek jera kepada kapal asing yang mencuri ikan di wilayah kelautan Nusantara.

"Kalau lihat kejadian, semua harus bersetuju, harus punya pendapat sama bahwa tidak ada cara lain yang lebih baik dalam rangka penegakan hukum dengan pemusnahan. Ditenggelamkan untuk detterent effect. Sehingga there's no chance to get back," serunya lantang.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3954257/sepanjang-2019-menteri-susi-sudah-tangkap-81-kapal-pencuri-ikan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sepanjang 2019, Menteri Susi Sudah Tangkap 81 Kapal Pencuri Ikan"

Post a Comment

Powered by Blogger.