Search

DPR: RI Layak Punya Ibu Kota yang Lebih Baik dari Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - DPR menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyetujui rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta.  Anggaran yang dimiliki pemerintah juga dinilai cukup untuk merealisasikan rencana tersebut.

Anggota Komisi XI, Misbakhun mengatakan, rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta sangat baik untuk menerapkan penyebaran pembangunan di Indonesia. Selama ini pembanguna‎n hanya fokus di Jawa saja.

"Akibatnya di luar jawa mengalami ketidak seimbangan tentang pembangunan. Untuk itu ide pemindahan ibu kota sangat bagus dan ide ini sudah dirintis Presiden Soekarno," kata Misbakhun, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Misbakhun mengungkapkan, untuk anggaran rencana pembangunan ibu kota negara baru pengganti Jakarta, perlu dibicarakan dengan Badan Anggaran DPR. Hal tersebut menyangkut waktu pembangunan, fasilitas dan unit pendukung yang akan dibangun.

Selain itu juga pembagian tugas pembangunan ibu kota negara baru, antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan swasta.

"Ini yang harus dihitung detail totalnya berapa tahun jumlah tersebut akan dialokasikan," tutur dia.

Misbakhun juga yakin pemeritah memiliki kesanggupan dari segi anggaran untuk merealisasikan pembangunan ibu kota baru.‎ Jika pemerintah serius, maka akan dibahas dalam rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020.

"Tentunya ini adalah proyek yang besar prestisius, daya dukungnya juga dipersiapkan saya yakin anggaran negara akan tersedia," imbuhnya.

Menurut Misbakhun, ‎negara sebesar Indonesia pantas memiliki ibu kota yang lebih baik, sebab akan menjadi simbol negara yang berdaulat.

‎"Negara besar Indonesia bagi saya pantas mempunyai ibu kota yang bagus, sebagai simbol bagi pencapaian yang selama ini diraih oleh Indonesia sebagai negara yang berdaulat" tandasnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3953873/dpr-ri-layak-punya-ibu-kota-yang-lebih-baik-dari-jakarta

Bagikan Berita Ini

0 Response to "DPR: RI Layak Punya Ibu Kota yang Lebih Baik dari Jakarta"

Post a Comment

Powered by Blogger.