Search

Disetop Satgas, Berapa Nilai Dana yang Dikelola Jouska? - CNBC Indonesia


Jakarta, CNBC Indonesia - Kegiatan operasi perusahaan konsultan investasi dan penasihat keuangan PT Jouska Financial Indonesia atau Jouska, telah diberhentikan oleh Satgas Waspada Investasi setelah perusahaan diduga merugikan kliennya.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing sebelumnya telah mengatakan bahwa lembaga yang dikepalainya telah mendapatkan empat aduan terkait Jouska. Modusnya, Jouska melakukan eksekusi dana para kliennya, jelasnya.

"Nah, dari beberapa pengaduan memang juga diduga kegiatan-kegiatan itu bisa mengarah ke manajer investasi karena penasihat investasi itu tidak boleh mengelola dana. Tapi dari pengaduan-pengaduan masyarakat, ada yang mengatakan bahwa Jouska ini membeli atau menjual efek dari nasabah. Tapi itu masih perlu kita dalami," kata Tongam melalui panggilan telepon dengan CNBC Indonesia, Sabtu (25/7/2020).

"Jadi, kegiatan dia sebagai manajer investasi masih kita perlu pendalaman. Tapi kegiatan dia sebagai penasihat investasi itu sudah clear dan dan Akkar (CEO Jouska, Aakar Abyasa) itu mengakui keputusan Satgas Waspada Investasi."

Ia pun menyebut bahwa apabila benar perusahaan terbukti melakukan pelanggaran itu, maka hukumannya akan disesuaikan dengan hukum yang berlaku.


"Ini kan kalau sudah ada pelanggaran UU Pasar Modal, itu ada tindak pidananya di pasal 103, di sana bisa ancaman hukumnya sampai 5 tahun dan denda 5 miliar. Jadi kita akan dalami nanti, apakah kegiatan-kegiatan ini memang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam UU Pasar Modal," tegasnya.

Saat ditanya terkait nilai investasi dan jumlah investor dari perusahaan, Tongam mengatakan penyelidikan belum sampai sejauh itu.

"Itu belum ada pendalaman ke sana, tapi yang pasti kegiatannya ini adalah kegiatan tanpa izin dan diduga merupakan pelanggaran pada undang-undang pasar modal," paparnya.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMic2h0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL21hcmtldC8yMDIwMDcyNTEyNDQxMi0xNy0xNzUzNTkvZGlzZXRvcC1zYXRnYXMtYmVyYXBhLW5pbGFpLWRhbmEteWFuZy1kaWtlbG9sYS1qb3Vza2HSAQA?oc=5

2020-07-25 05:48:43Z
52782297843824

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Disetop Satgas, Berapa Nilai Dana yang Dikelola Jouska? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.