Search

Sri Mulyani Beri Penjaminan Kredit Rp 100 T, Ini 6 Sektornya! - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan syarat untuk bisa mendapatkan penjaminan kredit modal kerja dari pemerintah.

Penyaluran penjaminan kredit ini akan diberikan melalui Lembaga Penjamin Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).

Syaratnya, pertama, perusahaan atau korporasi tersebut harus memiliki modal kerja minimal Rp 10 miliar dan maksimal Rp 1 triliun. Kedua, perusahaan tersebut harus memiliki minimal 300 orang karyawan. Untuk persyaratan ini harus dibuktikan dengan dokumen resmi.


"Dokumentasi pembuktian karyawan di atas 300 orang dan memiliki (hasil produksi) multiplier effect yang tinggi. Ini bisa dilihat dari tabel input output-nya," ujarnya usai penandatanganan kerja sama penjaminan kredit korporasi di Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Syarat ketiga, perusahaan tersebut memang betul-betul tertekan akibat dampak pandemi Covid-19. Ini harus dibuktikan dengan data kinerja korporasi sebelum dan setelah adanya pandemi ini.

"Mereka harus memiliki bukti aktivitas bisnisnya turun. Ini rasanya gampang karena semua orang katakan aktivitas bisnis sudah turun. Makanya harus dibuktikan dengan dokumen," jelasnya.

Adapun sektor yang diutamakan untuk mendapatkan jaminan kredit modal kerja adalah korporasi padat karya.

Apabila perusahaan padat karya tersebut memenuhi persyaratan maka kredit modal kerjanya akan dijamin 60% oleh pemerintah dan 40% oleh perbankan. Kemudian, korporasi yang masuk dalam daftar prioritas pemerintah penjaminan akan diberikan sebesar 80% oleh pemerintah dan 20% dari perbankan.


Berikut sektor prioritas yang akan diberikan penjaminan kredit modal kerja oleh pemerintah:

1. Pariwisata (hotel dan restoran);
2. Otomotif;
3. TPT (tekstil dan produk tekstil) dan alas kaki;
4. Elektronik;
5. Kayu olahan, furniture, dan produk kertas; serta
6. Sektor usaha lainnya yang memenuhi kriteria terdampak Covid-19 sangat berat, padat karya dan/atau memiliki dampak multiplier tinggi serta mendukung pertumbuhan ekonomi di masa depan.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMieWh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL21hcmtldC8yMDIwMDcyOTEzMDQxOS0xNy0xNzYyMzQvc3JpLW11bHlhbmktYmVyaS1wZW5qYW1pbmFuLWtyZWRpdC1ycC0xMDAtdC1pbmktNi1zZWt0b3JueWHSAQA?oc=5

2020-07-29 06:37:09Z
52782303450498

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sri Mulyani Beri Penjaminan Kredit Rp 100 T, Ini 6 Sektornya! - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.