Search

Selain Pangkas Bunga, Ini 4 Hasil Rapat Dewan Gubernur BI - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan. Selain itu, BI mengumumkan sejumlah poin tambahan. Apa saja itu?

"Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 15-16 Juli 2020 memutuskan untuk menurunkan BI 7 Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 4%. Keputusan ini konsisten dengan inflasi yang tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga, dan merupakan langkah lanjutan untuk mempercepat pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Juga sebagai bagian dari penguatan kebijakan nasional untuk mendukung pemulihan ekonomi," sebut Perry Warjiyo, Gubernur BI, dalam konferensi pers usai RDG edisi Juli 2020, Kamis (16/7/2020).


Selain suku bunga acuan, Perry juga menyebutkan sejumlah langkah penguatan lainnya yaitu:

1. Kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamentalnya masih akan dilanjutkan.

2. BI lebih menekankan kepada penguatan sinergi ekspansi moneter dengan akselerasi stimulus fiskal pemerintah. BI berkomitmen untuk melakukan pendanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui pembelian Surat Berharga Negara (SBN) melalui pasar perdana secara terukur sebagai bagian dari upaya bersama untuk pendanaan pemulihan ekonomi nasional.

3. BI terus memperkuat koordinasi langkah-langkah kebijakan dengan pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Termasuk penyediaan fasilitas kepada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan dan repo SBN yang dimiliki LPS.

4. BI terus mempercepat digitalisasi keuangan sebagai bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional.


[Gambas:Video CNBC]

(aji/aji)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMidmh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL21hcmtldC8yMDIwMDcxNjE0MjkxOC0xNy0xNzMyNTgvc2VsYWluLXBhbmdrYXMtYnVuZ2EtaW5pLTQtaGFzaWwtcmFwYXQtZGV3YW4tZ3ViZXJudXItYmnSAQA?oc=5

2020-07-16 07:41:14Z
52782283459254

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Selain Pangkas Bunga, Ini 4 Hasil Rapat Dewan Gubernur BI - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.