Search

Ada Huruf 'B' di Transmisi All New Daihatsu Ayla, Apa Maksudnya? - detikOto

Jakarta -

Ada yang unik di sistem tuas transmisi All New Daihatsu Ayla, yakni adanya huruf 'B' di bawah huruf 'S'. Artinya apa ya?

All New Daihatsu Ayla membawa bayak pembaruan. Tak hanya perombakan dari sisi eksterior dan penambahan fitur terkini, Ayla generasi terbaru juga mengusung mesin baru 1.200 cc 3 silinder, yang dikombinasi dengan sistem transmisi otomatis CVT.

Pada sistem tuas transmisi ini terdapat beberapa mode, seperti P, R, N, D, S, dan B. P sudah tentu artinya adalah Parking, diposisikan saat mobil ingin diparkir. Lalu ada R yang artinya Reverse atau gigi mundur, sementara N adalah posisi gigi netral, dan D adalah mode driving atau berkendara.

Nah, perlu dicatat, huruf S pada tuas transmisi tersebut artinya bukan sport ya, melainkan Slope. Menurut Product Planning Division Head Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, tuas S digunakan saat kendaraan melewati tanjakan dan turunan.

All New Daihatsu AylaAll New Daihatsu Ayla Foto: Luthfi Anshori/detikOto

"Sebenarnya prinsipnya sama dengan Sport. Jadi fokus ke arah torsi, supaya lebih cepat reaksinya. Mode S biar lebih membantu ketika posisi menanjak," kata Anjar di sela-sela kegiatan test drive All New Daihatsu Ayla di Yogyakarta (11-13/5/2023).

Berkebalikan dengan S, huruf B pada transmisi All New Daihatsu Ayla digunakan untuk jalanan menurun. Ya, B merupakan inisial dari Brake atau rem. Jadi jika tuas diposisikan ke B, akan membantu mesin dalam melakukan fungsi yang mirip seperti engine brake.

"B itu artinya brake, jadi fungsinya saat turunan curam akan membantu pengemudi, sebenarnya mirip dengan engine brake, tapi itu kan pengaturan kontrol ya jadi lebih nyaman aja sih ketika di jalanan menurun, lebih smooth," sambung Anjar.

"(B ini) bisa juga digunakan di kondisi jalan datar, cuma maksimum speed-nya jadi dibatasi," katanya lagi.

Simak Video "Alasan Daihatsu Bikin Mesin Ayla Jadi 3 Silinder"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMicmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS90aXBzLWFuZC10cmlja3MtbW9iaWwvZC02NzE5MzU1L2FkYS1odXJ1Zi1iLWRpLXRyYW5zbWlzaS1hbGwtbmV3LWRhaWhhdHN1LWF5bGEtYXBhLW1ha3N1ZG55YdIBdmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS90aXBzLWFuZC10cmlja3MtbW9iaWwvZC02NzE5MzU1L2FkYS1odXJ1Zi1iLWRpLXRyYW5zbWlzaS1hbGwtbmV3LWRhaWhhdHN1LWF5bGEtYXBhLW1ha3N1ZG55YS9hbXA?oc=5

2023-05-14 02:00:25Z
2004412543

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada Huruf 'B' di Transmisi All New Daihatsu Ayla, Apa Maksudnya? - detikOto"

Post a Comment

Powered by Blogger.