Search

Belum Libur Tapi Sudah Pesta Pora, Harga Emas Antam Ngacir - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia- Harga emas Antam pada perdagangan hari ini, Rabu (31/5/23) meningkat menyusul kenaikan emas dunia setelah pasar meyakini pemungutan suara mengenai kenaikan plafon utang pemerintah Amerika Serikat (AS) tak akan berjalan mulus.

Di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung, harga emas Antam ukuran 1-gram naik signifikan Rp. 8.000 menjadi Rp. 1.056.000 per batang. Artinya, harga emas Antam melambung Rp 9.000 dalam dua hari saja.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan pekan lalu di mana harga emas cenderung stagnan.

Sementara, harga pembelian kembali atau buyback emas Antam ditetapkan sebesar Rp 947 ribu per gram, harga tersebut ternyata juga menguat Rp. 8.000 dari perdagangan sebelumnya.

 

Harga emas Antam yang diperjual-belikan beragam dari segi ukurannya. Agar lebih jelasnya, simak data harga emas hari ini.
Berikut grafik pergerakan harga emas Antam:

Kenaikan emas Antam hari ini tidak bisa dilepaskan dari pengaruh penguatan emas dunia. Pada perdagangan Selasa (30/5/2023) harga emas di pasar spot ditutup di posisi US$ 1.959,14 per troy ons. Harganya menguat tajam 0,84%.

Emas menguat kemarin karena pasar melihat pemungutan suara mengenai kenaikan plafon utang pemerintah AS akan alot.

Seperti diketahui, kongres AS akan menggelar pemungutan suara pada hari ini dan diperkirakan selesai pada Rabu atau Kamis dini hari waktu Indonesia.

Presiden AS Joe Biden danPartai Republik memang dikabarkanpada prinsipnya telah sepakat untuk menaikkan plafon utang dan batas pengeluaran negara agar mencegah terjadinya default (gagal bayar).

Namun, apapun bisa terjadi pada pemungutan suara mengingat ketatnya kursi Kongres AS.Partai Republik menguasai 222 kursi di Kongres AS sementara Partai Demokrat sebanyak 213 kursi.

Sekitar 20 perwakilan Partai Republik, kemarin, secara terang-terangan menentang kenaikan plafon utang.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengingatkan plafon utang sudah harus disepakati paling terlambat 5 Juni atau Senin pekan depan untuk menghindari AS dari gagal bayar. 
"Ketegangan" dan ketidakpastian menjelang pemungutan suara inilah yang menguntungkan emas.

Emas adalah aset aman yang dicari di saat ketidakpastian meningkat. Selain ketegangan di Kongres AS, emas juga menguat karena dolar tumbang kemarin.

Selain perkara utang, pasar juga khawatir dengan kebijakan bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed).Pasar bertaruh 68,8% jika The Fed akan menaikkan suku bunga acuan pada bulan ini.

Jika The Fed masih melanjutkan kebijakanhawkishnya maka emas bisa melemah.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Emas Dunia Turun, Harga Emas Antam Hari Ini Malah Naik Rp3000


Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMieGh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL215bW9uZXkvMjAyMzA1MzEwODQwNDUtNzItNDQyMDQ1L2JlbHVtLWxpYnVyLXRhcGktc3VkYWgtcGVzdGEtcG9yYS1oYXJnYS1lbWFzLWFudGFtLW5nYWNpctIBfGh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL215bW9uZXkvMjAyMzA1MzEwODQwNDUtNzItNDQyMDQ1L2JlbHVtLWxpYnVyLXRhcGktc3VkYWgtcGVzdGEtcG9yYS1oYXJnYS1lbWFzLWFudGFtLW5nYWNpci9hbXA?oc=5

2023-05-31 02:15:00Z
2025434592

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Belum Libur Tapi Sudah Pesta Pora, Harga Emas Antam Ngacir - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.