Search

Aman! Mobil Toyota di Indonesia Tak Terlibat Manipulasi Uji Tabrak Daihatsu - detikOto

Jakarta -

Prinsipal Daihatsu di Jepang mengkonfirmasi adanya manipulasi uji tabrak kendaraan yang diproduksinya. Beberapa di antaranya adalah mobil-mobil yang dijual dengan merek Toyota.

Daihatsu mengonfirmasi tindakan manipulasi dalam permohonan sertifikat uji tabrakan samping terhadap empat mobil yang dijual di luar Jepang.

"Kami sangat meminta maaf karena telah mengkhianati kepercayaan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya serta telah menyebabkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran yang besar," tulis prinsipal Daihatsu dalam keterangan persnya.

Daihatsu telah melakukan investigasi lanjutan terhadap pelanggaran yang dilaporkan pada April 2023 ini. Investigasi itu dilakukan dengan survei wawancara terhadap departemen yang bertanggung jawab dan departemen yang diduga melakukan kecurangan; pemeriksaan aktual kendaraan; serta mengecek riwayat perubahan desain dan hasil pengujian selama proses pengembangan. Merek mobil Jepang itu memastikan ada pelanggaran seperti yang dilaporkan.

"Daihatsu telah mengkonfirmasi bahwa dalam tes tabrakan samping kendaraan, lapisan dalam pintu depan dimodifikasi secara tidak benar, dan terdapat pelanggaran prosedur dan metode pengujian tabrakan samping yang diatur oleh peraturan," katanya.

Mobil yang terlibat antara lain Toyota Yaris Ativ atau Toyota Vios yang diproduksi di Thailand/Malaysia sebanyak 76.289 unit dan Perodua Axia untuk pasar Malaysia sebanyak 11.834 unit. Toyota Agya buatan Indonesia yang dijual di Ekuador juga terindikasi manipulasi uji tabrak samping ini. Namun, Agya yang terindikasi ini baru direncanakan diproduksi Juni 2023 sehingga belum ada unit yang terdampak. Terakhir satu model yang sedang dikembangkan. Tapi, Daihatsu tidak menyebutkan model tersebut.

Meski begitu, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy memastikan, mobil-mobil yang dijual di Indonesia tidak terdampak skandal tersebut. Menurut Anton, mobil Toyota di Indonesia telah dipastikan keamanannya.

"Sejauh kami berkoordinasi dengan principal, karena hal ini terkait sertifikasi, maka unit unit yang dipasarkan di Indonesia tidak terlibat ya. Untuk domestik Indonesia khususnya terkait unit-unit yang di informasikan (bersama dengan model lain) kami di TAM pastikan sudah dihomologasi untuk dapat izin dipasarkan oleh pemerintah Indonesia," sebut Anton kepada detikcom.

Sebelumnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga memastikan mobil-mobil yang dijual di Indonesia aman. Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani memastikan, mobil-mobil Daihatsu yang dijual di Indonesia tidak terlibat skandal manipulasi uji tabrak samping ini.

"Untuk Daihatsu yang dipasarkan di Indonesia tidak terdampak sama sekali terhadap masalah ini. Jadi pelanggan tetap dapat menggunakan kendaraan Daihatsu dengan aman dan nyaman," kata Sri Agung kepada detikcom.

Simak Video "Mulai Rp 500 Ribuan, Segini Biaya Servis Rutin Toyota Agya Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMicGh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC9kLTY3MDEzODUvYW1hbi1tb2JpbC10b3lvdGEtZGktaW5kb25lc2lhLXRhay10ZXJsaWJhdC1tYW5pcHVsYXNpLXVqaS10YWJyYWstZGFpaGF0c3XSAXRodHRwczovL290by5kZXRpay5jb20vbW9iaWwvZC02NzAxMzg1L2FtYW4tbW9iaWwtdG95b3RhLWRpLWluZG9uZXNpYS10YWstdGVybGliYXQtbWFuaXB1bGFzaS11amktdGFicmFrLWRhaWhhdHN1L2FtcA?oc=5

2023-05-03 05:07:41Z
1992757627

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aman! Mobil Toyota di Indonesia Tak Terlibat Manipulasi Uji Tabrak Daihatsu - detikOto"

Post a Comment

Powered by Blogger.