Search

Akar Masalah yang Bikin Waskita Tunda Bayar Utang hingga Saham Digembok - detikFinance

Jakarta -

PT Waskita Karya (Persero) Tbk menunda pembayaran bunga obligasi. Hal itu membuat perdagangan saham perusahaan dihentikan sementara oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan restrukturisasi tengah dijalankan Waskita Karya. Alhasil, penyetaraan perlakuan (equal treatment) kepada pemberi pinjaman dilakukan.

"Kami lagi melakukan restrukturisasi terhadap Waskita. Jadi kita melakukan yang sama terhadap semua, baik itu yang punya obligasi, maupun yg punya utang-utang misalnya perbankan dan sebagainya," kata Arya di Kementerian BUMN Jakarta, Senin (8/5/2023).

Restrukturisasi dilakukan karena awalnya Waskita agresif menjalankan bisnisnya. Namun, pandemi COVID-19 datang dan membuat target-target bisnisnya tak tercapai.

"Mereka dulu itu terlalu agresif, kemudian nggak menyangka kalau Corona terjadi, setelah itu ternyata target-target mereka, jalan tol yang mereka punya bisa terjual, sehingga pengembalian terhadap target-target mereka nggak tercapai. Makanya kita melakukan yang namanya restrukturisasi terhadap Waskita," jelasnya.

Arya lalu menambahkan dalam equal treatment ini, pihak-pihak yang memberikan pinjaman kepada Waskita akan diberlakukan sama. Ia mengatakan, jika restrukturisasi dilakukan pada pinjaman perbankan, maka pinjaman pada pihak lain juga direstrukturisasi.

"Jadi gini, Waskita punya utang berbagai pihak, termasuk di dalamnya adalah obligasi termasuk di perbankan juga. Kalau perbankan direstrukturisasi, mereka minta juga dong perlakuan yang sama terhadap yang lainnya. Jangan cuma mereka yang direstrukturisasi. Jadi mereka minta semua diperlakukan sama," jelasnya.

(acd/hns)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMie2h0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vYnVyc2EtZGFuLXZhbGFzL2QtNjcxMDUzMy9ha2FyLW1hc2FsYWgteWFuZy1iaWtpbi13YXNraXRhLXR1bmRhLWJheWFyLXV0YW5nLWhpbmdnYS1zYWhhbS1kaWdlbWJva9IBf2h0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vYnVyc2EtZGFuLXZhbGFzL2QtNjcxMDUzMy9ha2FyLW1hc2FsYWgteWFuZy1iaWtpbi13YXNraXRhLXR1bmRhLWJheWFyLXV0YW5nLWhpbmdnYS1zYWhhbS1kaWdlbWJvay9hbXA?oc=5

2023-05-08 15:20:27Z
2001375552

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Akar Masalah yang Bikin Waskita Tunda Bayar Utang hingga Saham Digembok - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.