Search

Disentil OJK Karena Agen Nakal, Sinarmas MSIG Bilang Begini - detikFinance

Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (Sinarmas MSIG Life) agar memperkuat pemasaran produknya sesuai dengan aturan yang berlaku. Perusahaan sendiri sempat disinggung OJK karena agennya yang bermasalah.

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Lembaga Penjamin, dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono, sempat mengatakan perlu adanya review terhadap tata kelola pemasaran produk asuransi melalui agen.

Hal itu pun direspons oleh Sinarmas MSIG Life. Perusahaan memastikan dalam peningkatan kapasitas agen pemasaran tetap mengedepankan prinsip Good Corporate Governance (GCG). Selain itu perlu adanya peningkatan literasi asuransi kepada konsumen dan agen secara optimal.

"Penguatan pemahaman dan literasi asuransi ini menjadi tugas mulia yang harus terus kami jalankan. Semuanya bermuara pada prinsip Good Corporate Governance," jelas Chief Compliance, Legal & Corporate Secretary Sinarmas MSIG Life, Renova Siregar, dalam keterangannya, Rabu (10/5/2023).

Renova mengatakan sejauh ini literasi konsumen terhadap asuransi masih memiliki banyak tantangan. Data Indeks Literasi Keuangan Nasional mencatat literasi sektor perasuransian pada tahun 2022 meningkat hingga 15,9% dari semula 15,8% pada 2016 menjadi 31,72% pada 2022.

"Permintaan OJK agar adanya perbaikan dan penataan agen pemasaran asuransi ini menjadi perhatian kami sejak awal. Tentunya kami akan terus berusaha memperbaiki capaian yang sudah berjalan," ungkapnya.

Permintaan OJK tersebut, kata Renova, telah mendapat perhatian serius dari pihak manajemen Sinarmas MSIG Life. "Kami senantiasa berkomitmen untuk terus memperbaiki diri, seperti halnya dengan melakukan review dan penguatan terhadap proses serta prosedur dalam melakukan aktifitas perusahaan seperti adanya SOP dan Guideline," katanya.

Perusahaan juga dari waktu ke waktu turut melakukan peninjauan terkait perjanjian kerjasama dengan tenaga pemasar dan memperkuat kewajiban tenaga pemasar dalam melakukan penawaran produk asuransi dan proses pasca penjualan.

Renova menyadari memilih produk asuransi itu harus dilatari oleh pemahaman yang komprehensif. Sejauh ini Sinarmas MSIG Life sudah berusaha merespons kebutuhan literasi asuransi tersebut melalui beberapa channeling komunikasi.

Sejauh ini, kata Renova, informasi mengenai berbagai macam produk, proses dan prosedur penjualan asuransi, secara lengkap dapat diakses melalui website maupun sosial media perusahaan.

Tonton juga Video: Polri Gelar Perkara Awal Dugaan TPPU Bos Sinarmas Kamis Besok

[Gambas:Video 20detik]

(kil/das)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiZmh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vbW9uZXRlci9kLTY3MTM2MTMvZGlzZW50aWwtb2prLWthcmVuYS1hZ2VuLW5ha2FsLXNpbmFybWFzLW1zaWctYmlsYW5nLWJlZ2luadIBamh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vbW9uZXRlci9kLTY3MTM2MTMvZGlzZW50aWwtb2prLWthcmVuYS1hZ2VuLW5ha2FsLXNpbmFybWFzLW1zaWctYmlsYW5nLWJlZ2luaS9hbXA?oc=5

2023-05-10 09:22:25Z
2002102161

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Disentil OJK Karena Agen Nakal, Sinarmas MSIG Bilang Begini - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.