Search

Jalur Kereta Api Sulawesi Akan Beroperasi Akhir 2018

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka terwujudnya pembangunan perkeretaapian di Pulau Sulawesi, khususnya di Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan terus mempercepat pembangunan jalur KA yang akan menghubungkan Kota Makassar hingga Parepare sepanjang sepanjang 145 Km.

Pada tahap awal pembangunan Jalur KA lintas Makassar – Parepare, saat ini, Pemerintah mempercepat untuk menyelesaikan serta mengoperasikan Jalur KA untuk segmen Barru – Palanro sepanjang kurang lebih 44 Km.

"Pembangunan pada segmen ini telah dimulai sejak akhir tahun 2014 dan diharapkan pada akhir tahun 2018 ini sudah bisa dioperasikan," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Zulmafendi kepada wartawan, Selasa (4/9/2018).

Nantinya, dijelaskan dia, ketika segmen Barru – Palanro ini siap beroperasi pada akhir tahun 2018, hal ini akan menjadi catatan tonggak sejarah perkeretaapian baru di Pulau yang juga dikenal sebagai Bumi Celebes. Karena pada jaman penjajahan Belanda, pernah beroperasi KA pada lintas Makassar – Takalar, pada periode kurun waktu tahun 1923 – 1930.

"Pengoperasian KA lintas Makassar – Takalar ini kemudian berhenti beroperasi karena pertimbangan nilai ekonomis pada waktu itu. Dan pada akhir tahun 2018, Pemerintah berencana untuk kembali mengoperasikan KA di Wilayah Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan," tambah dia.

Zulmafendi menambahkan, pembangunan jalur KA ini juga merupakan implementasi dari rencana pemerintah yang tertuang dalam Rencana Induk Perkeretaapian(RIPNas) tahun 2030 dalam mewujudkan jalur KA Trans Sulawesi yang akan menghubungkan Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Utara.

Tahap awal, yaitu segmen Barru – Palanro, kegiatan pembangunan jalur KA tersebut masih menggunakan skema pendanaan melalui APBN.

Namun, sebagai upaya untuk mendorong percepatan penyelesaian pembangunan Jalur KA Makassar – Parepare ini, dan dalam rangka mendorong partisipasi pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, Pemerintah memberikan kesempatan kepada para stakeholder untuk turut serta dalam pembangunan Jalur KA Makassar – Parepare.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3636105/jalur-kereta-api-sulawesi-akan-beroperasi-akhir-2018

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jalur Kereta Api Sulawesi Akan Beroperasi Akhir 2018"

Post a Comment

Powered by Blogger.