Search

Harga Pangan Turun, Deflasi Bakal Kembali Terjadi pada September

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) prediksi terjadi deflasi pada September 2018. Sebelumnya, deflasi juga terjadi pada Agustus.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan berdasarkan survei rutin diperkirakan kembali terjadi deflasi -0,04 pada September 2018.

"Mengenai inflasi, kalau dilihat dari survei pemantauan sampai minggu kedua bulan September diperkirakan September ini masih deflasi minus 0,04 month to month. Kalau secara year on yearnya 3,03 persen ya," kata Perry di kompleks Gedung BI, Jumat 21 September 2018.

Perry menjelaskan, angka prediksi tersebut didapat dari pemantauan harga minggu pertama dan minggu kedua dari berbagai kota-kota besar.

"Kemudian kita estimasi inflasi IHK untuk bulan bersangkutan, 0,04 mtm itu estimasi IHK September," ujar dia.

Dia menjelaskan, ada faktor-faktor tertentu yang dinilai sebagai penyebab deflasi tersebut. Salah satunya adalah turunnya harga beberapa komoditi.

"Faktor-faktor deflasinya, kecenderungan bahan makanan itu masih menurun (harganya), daging ayam, telur itu masih turun dan beras udah stabil ini memungkinkan bahwa kebijakan yang ditempuh dari penyediaan pasokan dan distribusi pemerintah berjalan baik sehingga inflasi di Indonesia tetap rendah dan stabil,” ujar dia.

Dengan kondisi tersebut, Perry optimistis target inflasi  akan tercapai pada akhir 2018. "Diyakini target inflasi tahun ini 3,5 plus minus satu akan tercapai, kecenderungannya lebih rendah dari titik tengah,” ujar dia.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pada Agustus 2018 terjadi deflasi sebesar 0,05 persen. Angka ini berbanding terbalik dibandingkan Juli 2018 yang mengalami inflasi sebesar 0,28 persen.

Namun, deflasi Agustus 2018 tersebut lebih rendah dibandingkan periode sama tahun lalu yang mengalami deflasi sebesar 0,22 persen.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tantangan Ekonomi Indonesia pada 2018

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3656104/harga-pangan-turun-deflasi-bakal-kembali-terjadi-pada-september

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Pangan Turun, Deflasi Bakal Kembali Terjadi pada September"

Post a Comment

Powered by Blogger.