Search

3 Trik Pintar Kelola Bonus Tahunan

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang karyawan, kemungkinan besar gaji adalah hal yang paling Anda tunggu-tunggu. Namun, Anda tentu lebih bersemangat lagi saat menerima bonus. Lalu apa yang biasa Anda lakukan setelah menerima bonus? Sebagian dari Anda mungkin akan menjawab belanja, belanja, dan belanja.

Bonus akhir tahun memang sangat menggiurkan. Namun, hal ini juga bisa membuat Anda menjadi begitu boros dan konsumtif. Padahal, ada banyak yang bisa Anda manfaatkan dari uang bonus selain untuk berbelanja.

Perencana keuangan Safir Senduk membagikan 3 tips yang dapat Anda lakukan saat menerima bonus.

Pertama, bayar kewajiban atau utang piutang. Prioritaskan bonus Anda untuk membayar kewajiban yang perlu Anda bayar, seperti tagihan listrik, pajak, cicilan kredit dan sebagainya. Apabila Anda memiliki utang, Anda bisa segera melunasi utang Anda agar tidak lewat tempo. Hal ini untuk mencegah pembayaran yang menggunung, karena biasanya Anda akan dibebani biaya bunga saat Anda menunggak.

Kedua, gunakan bonus untuk ditabung dan investasi. Sisihkan sekitar 10-30 persen dari bonus Anda untuk menambah tabungan atau berinvestasi. Dengan demikian, bonus Anda bisa membuahkan hasil yang dapat bermanfaat di masa depan.

 Terakhir, gunakan bonus tersebut untuk membeli beli barang yang diinginkan. Membelanjakan uang bonus bukanlah hal yang salah untuk dilakukan. Jika Anda sudah melakukan dua langkah di atas, Anda bisa menggunakan sisa bonus Anda untuk membeli barang-barang yang sudah lama Anda idam-idamkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengelola bonus tahunan Anda dengan lebih efektif agar bonus tidak terbuang sia-sia. (Felicia Margaretha)

Let's block ads! (Why?)

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3654642/3-trik-pintar-kelola-bonus-tahunan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Trik Pintar Kelola Bonus Tahunan"

Post a Comment

Powered by Blogger.