Search

Belum Ada Penerbangan Komersial Mendarat di Bandara Palu

Liputan6.com, Jakarta - Sejauh ini belum ada pesawat komersial yang masuk atau melayani penerbangan ke dan dari Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu. Airnav Indonesia menyatakan telah membuka bandara tersebut untuk penerbangan komersial pada Minggu ini. 

Direktur Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugeng Wibowo menjelaskan, hingga hari belum ada pesawat komersial yang beroperasi di Bandara Palu.

"Informasi sampai saat ini belum ada yang masuk. Tapi untuk pesawat hercules, bantuan pemerintah ya sudah itu. Ini khusus yang swasta. Mungkin besok ya masuknya," tuturnya di Gedung Kemenhub, Minggu (30/9/2018).

Sugeng menjelaskan, kerusakan landasan Bandara Palu akibat gempa sepanjang 500 meter. Oleh karena itu, batas aman landasan pacuan hanya sepanjang 2.000 meter saja. Oleh karena itu, Kemenhub membatasi hanya pesawat baling-baling saja yang bisa beroperasi di bandara tersebut. 

"Terbatas jaraknya hanya 2 ribu meter saja makanya dibatasi keluar-masuknya pesawat ini. Kan sarananya juga rusak. Ini guna menghindari deadlock kegiatan operasional bandara," jelasnya.

Meski begitu, Sugeng menegaskan bahwa Bandara Palu telah dibuka untuk penerbangan komersial.

"Bersama ini di informasikan bahwa sesuai Notam Nomor H0778/18 dan Notam Nomor H0782 maka Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufri Palu sejak 30 September 2018 pukul 08.57 WITA dibuka kembali untuk penerbangan komersial secara terbatas, namun tetap diutamakan untuk kegiatan emergency, SAR dan kemanusiaan," ungkapnya.

"Sementara ini penerbangan dilakukan dengan prosedur Visual Flight Rules, sampai dengan pengecekan fasilitas navigasi selesai dilaksanakan," tambahnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3655903/belum-ada-penerbangan-komersial-mendarat-di-bandara-palu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Belum Ada Penerbangan Komersial Mendarat di Bandara Palu"

Post a Comment

Powered by Blogger.