Search

Atasi Rob Semarang, Bendung Karet Kanal Barat Ditargetkan Rampung Januari 2019

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana tengah menyelesaikan pembangunan sejumlah infrastruktur pengendali banjir di Kota Semarang. Salah satunya yakni bendung karet di sungai Kanal Banjir Barat (KBB).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, nantinya Kanal Banjir Barat berfungsi sebagai penahan intrusi air laut dan menjaga debit air, serta penggelontoran (flushing) sedimen sungai untuk pengendalian banjir di wilayah barat Kota Semarang.

"Progresnya sudah sekitar 54 persen, dari 4 span (karet bendung), saat ini sudah terpasang 2 buah. Direncanakan pada hari Selasa nanti akan dibuka penutup bendungnya, dan mulai dibangun untuk sisi yang satu lagi. Diharapkan sekitar Januari 2019 sudah selesai pembangunannya," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (30/9/2018).

Dia menjelaskan, pada saat musim hujan, air yang masuk di Sungai KBB akan ditahan bendung tersebut. Saat ketinggian air mencapai elevasi 2,5 meter, maka air langsung didorong oleh karet bendungan ke hilir sungai dan masuk ke laut.

Sementara pada musim kemarau bendung karet sepanjang 155,5 meter tersebut juga berfungsi sebagai long storage yang dapat menampung sekitar 700 ribu m3 air.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3655620/atasi-rob-semarang-bendung-karet-kanal-barat-ditargetkan-rampung-januari-2019

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Atasi Rob Semarang, Bendung Karet Kanal Barat Ditargetkan Rampung Januari 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.