Search

4 Alasan Wajib Menulis Rencana Bisnis Bagi Wirausahawan

Sebuah rencana bisnis tidak dapat menjamin bahwa kamu akan mengumpulkan semua uang yang kamu butuhkan pada waktu tertentu, terutama apabila bisnis kamu dalam fase rintisan. Bahkan jika kamu berhasil menemukan investor, kemungkinan kamu tidak akan mendapatkan apa yang kamu minta. Mungkin ada perbedaan besar dalam hal kamu harus menyerah, yakni menyerahkan kepemilikan atau kontrol mayoritas, untuk bisa mendapatkan dana.

Rencana bisnis yang digunakan untuk mencari pendanaan adalah bagian dari negosiasi yang terjadi antara kamu dan calon pendukung keuangan bisnis kamu. Bagian dari rencana di mana kamu menggambarkan kebutuhan keuangan kamu dapat dianggap sebagai tawaran pembuka dalam negosiasi. Di satu sisi, rencana bisnis adalah tawaran pembukaan yang sangat baik, pasti, komprehensif, dan jelas.

Namun apa yang seringkali terjadi pada tawaran dalam negosiasi? Pemangkasan dana, persyaratan berubah, dan terkadang seluruh negosiasi gagal karena ultimatum dari salah satu pihak yang terlibat. Apakah ini berarti kamu harus meminta lebih banyak uang daripada yang sebenarnya kamu butuhkan dalam rencana?

Sebenarnya, itu mungkin bukan strategi terbaik juga. Investor yang melihat banyak rencana akan memperhatikan jika kamu meminta terlalu banyak uang. Kamu harus mengenali karakteristik calon investor dan disesuaikan dengan business plan serta persyaratan yang tepat.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3652275/4-alasan-wajib-menulis-rencana-bisnis-bagi-wirausahawan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Alasan Wajib Menulis Rencana Bisnis Bagi Wirausahawan"

Post a Comment

Powered by Blogger.