Search

8 Cara Merawat Motor yang Digunakan Setelah Mudik

Liputan6.com, Jakarta - Mudik menggunakan sepeda motor masih menjadi pilihan banyak orang. Motor dianggap lebih praktis dan nyaman, meskipun pada dasarnya mudik menggunakan kendaraan roda dua ini memiliki resiko yang cukup besar.

Jalanan yang ramai, kelelahan selama perjalanan, atau bahkan kerusakan motor bisa saja menjadi kendala selama mudik. Meski begitu, angka pemudik yang menggunakan motor setiap tahunnya masih saja terbilang tinggi.

Lalu, apakah Anda juga akan mudik menggunakan motor tahun ini? Jika ya, memeriksa kondisi motor sebelum mudik tentu menjadi hal wajib yang tidak bisa diabaikan, mengingat kondisi motor yang prima sangat dibutuhkan untuk lancarnya perjalanan mudik.

Tapi, bukan hanya saat akan mudik, setelah mudik Lebaran pun juga perlu dilakukan perawatan agar performa motor kembali prima. Sebab, selama perjalanan mudik, motor Anda akan bekerja keras dan menempuh perjalanan yang panjang, bahkan hingga Anda kembali lagi ke rumah.

Kondisi seperti ini tentu saja bisa membuat motor menjadi tidak prima dan bertenaga, sehingga Anda perlu melakukan perawatan yang tepat untuk mengembalikan kondisinya seperti semula.

Agar kondisi motor Anda tetap prima, berikut cara merawat motor setelah digunakan untuk mudik Lebaran, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Cek dan Bersihkan Karburator

Bagian yang bertugas untuk menyemburkan BBM ini akan bekerja dengan keras sepanjang perjalanan mudik Anda yang panjang. Karborator harus bekerja dengan baik, sehingga mesin bisa bekerja dengan maksimal.

Hal ini bisa saja mengubah setelan komponen. Jika hal ini terjadi, maka kondisi motor akan tidak bertenaga dan bahan bakar menjadi lebih boros. Pastikan Anda melakukan pegecekan bagian ini dan membersihkannya setelah mudik nanti.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3977212/8-cara-merawat-motor-yang-digunakan-setelah-mudik

Bagikan Berita Ini

0 Response to "8 Cara Merawat Motor yang Digunakan Setelah Mudik"

Post a Comment

Powered by Blogger.