Search

Menko Darmin Prediksi Inflasi Mei Rendah

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, kenaikan tarif tiket pesawat masih akan menyumbang inflasi pada Mei 2019. Sebab, penurunan harga tiket saat ini belum terlalu signifikan.

"Yang mungkin dampaknya ada adalah tiket pesawat. Dia sudah ada turun, tapi turunnya tidak besar. Walaupun naiknya bukan bulan Mei saja loh," ujar Menko Darmin di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Menko Darmin melanjutkan, tiket pesawat yang sempat naik cukup tinggi berdampak pada pengeluaran rumah tangga. Sehingga, jika harga masih belum terjangkau maka dapat menyumbang andil terhadap kenaikan inflasi.

"Memang kalau tiket pesawat itu ada turunnya tapi pasti tidak banyak. Jadi dia tidak balik lagi. Nah, pertanyaannya sebetulnya adalah bukan besarnya perubahan harga dari suatu barang atau jasa. Tetapi pertanyaannya adalah seberapa besar peranan dari pengeluaran rumah tangga untuk barang atau jasa itu," jelasnya.

Mantan Direktur Jenderal Pajak itu menambahkan, komoditas lain yang diantisipasi memberi pengaruh pada inflasi adalah bumbu dapur seperti bawang putih dan cabai.

Meski demikian, pemerintah sudah mengambil langkah agar komoditas tersebut tak mengerek inflasi lebih tinggi.

"Kalau bawang putih itu tidak usah takut karena dia begitu turun dia langsung koreksi lagi. Kalau pangan, yang produk jangka pendek artinya yang bisa dihasilkan jangka pendek itu kalau dia naik menambah (inflasi), begitu dia (harga) turun, berkurang inflasinya."

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3979531/menko-darmin-prediksi-inflasi-mei-rendah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menko Darmin Prediksi Inflasi Mei Rendah"

Post a Comment

Powered by Blogger.