Search

PLN Gandeng Asosiasi Koki Siapkan Tim Tanggap Bencana

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menggandeng Asosiasi Juru Masak Indonesia (Indonesia Chef Association/ICA) dalam memberikan bantuan saat terjadi bencana. Termasuk terhadap potensi bencana yang terjadi saat musim mudik dan Lebaran seperti saat ini.

VP Public Relations PT PLN, Dwi Suryo Abdullah mengatakan, untuk penanganan bencana yang terjadi, PLN telah memiliki tim khusus bernama Tim Reaksi Cepat (TRC) PLN.

Dia menjelaskan, TRC PLN yang diinisiasi oleh Direksi PLN tersebut, memiliki misi kemanusiaan dalam dua bentuk, yakni melakukan pencarian dan penyelamatan (search and rescue) korban bencana di wilayah berair dan daerah berketinggian, serta penyediaan dapur umum.

"TRC PLN sendiri tugasnya adalah mencari dan mengevakuasi korban bencana. Jika tidak melakukan SAR, maka TRC PLN bertugas men-support makanan untuk tim pemulihan infrastruktur listrik PLN maupun badan koordinator bencana lain, dan juga masyarakat terdampak bencana," ujar dia di Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Sementara itu, Perwakilan Indonesian Chef Association (ICA), Shanty Dewi Nurhayani menyatakan pihaknya menyambut baik kerjasama yang jalin antara ICA dengan PLN. Menurut dia, anggotanya kerap terjun ke lokasi bencana alam untuk membantu organisasi, baik pemerintah, sosial maupun swasta untuk mengelola dapur umum yang digelar berbagai institusi tersebut.

“Kami memberikan saran panduan menu yang cocok untuk daerah tersebut sesuai dengan selera lokal dengan kandungan gizi yang baik, cara pengolahan dan peralatan yang diperlukan untuk memasak dalam jumlah besar hingga ke manajemen higienitas dapur umum, agar kebersihan dan kesehatan selalu terjaga dari bahan baku hingga makanan jadi,” jelas dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3980014/pln-gandeng-asosiasi-koki-siapkan-tim-tanggap-bencana

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PLN Gandeng Asosiasi Koki Siapkan Tim Tanggap Bencana"

Post a Comment

Powered by Blogger.