Search

Daya Saing Indonesia Naik, Ini Kata Menko Darmin

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution angkat suara terkait dengan peringkat daya saing Indonesia yang meningkat signifikan.

Menurutnya, posisi peringkat indonesia yang naik 11 poin dari posisi 43 menjadi 32 di 2019 menjadi capaian baik bagi pemerintah Indonesia.

"Ini adalah pencapaian yang baik. Sinergi antara pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan terutama dunia usaha menjadi kunci untuk meningkatkan kinerja investasi dan daya saing yang lebih baik lagi. Kita harus tetap semangat di tengah dinamika ekonomi global saat ini," katanya saat melalukan konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Jumat (31/5).

Menko Darmin mengatakan perbaikan efisiensi pemerintah dan bisnis serta pembangunan infrastruktur merupakan faktor yang berkontribusi dalam kemajuan daya saing Indonesia.

Dalam laporan IMD World Competitiveness Center menilai 63 negara dengan lebih dari 230 indikator yang dikelompokkan ke dalam empat pilar. Pertama yakni kinerja ekonomi, termasuk perdagangan dan investasi internasional, kemudian kedua efisiensi pemerintah, termasuk kedisiplinan pemerintah dalam anggaran, kepatuhan hukum danpeningkatan inklusivitas institusi,

Selanjutnya pilar ketiga yakni efisiensi bisnis, termasuk produktivitas dan efisiensi sektor swasta dan kemudahan akses finansial dan terkahir infrastruktur, termasuk infrastruktur sains, kesehatan, dan lingkungan serta pendidikan.

“Perbaikan daya saing Indonesia didukung oleh kenaikan peringkat yang terjadi pada keempat faktor tersebut,” imbuh Menko Darmin.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3980890/daya-saing-indonesia-naik-ini-kata-menko-darmin

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daya Saing Indonesia Naik, Ini Kata Menko Darmin"

Post a Comment

Powered by Blogger.