Search

Menperin: Aksi 22 Mei Ganggu Aktivitas Ekonomi

Sebagai dampak dari aksi 22 Mei, Pasar Tanah Abang sampai saat ini masih tutup. Para pegawai yang sudah datang ke pasar grosir terbesar di ASEAN tersebut terpaksa kembali pulang, ketika melihat gerbang Blok A masih tertutup rapat.

Ramdan (29) salah satunya. Dia sudah berangkat dari rumah dengan harapan mendapatkan pundi-pundi penghasilan untuk bisa menambah tabungannya demi mudik ke kampung halamannya di Purworejo.

"Ya mau bagaimana lagi. Kalau tutup terus kan penghasilan toko juga berkurang, kita juga terancam berkurang nanti. Kalau enggak ada tabungan, enggak bisa mudik nanti," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (23/5/2019).

Menurut dia, saat ini kondisi Pasar Tanah Abang sebenarnya sudah lebih bersih dari puing-puing kerusuhan beberapa hari lalu. Hanya saja dari informasi yang diterimanya, situasi kemanan masih belum kondusif. Potensi kerusuhan masih bisa terjadi.

Meski demikian, Ramdan mengaku tetap bersyukur. Menurut dia, lebih baik pasar ditutup daripada saat dibuka kerusuhan terjadi, sehingga menimbulkan potensi penjarahan seperti kerusuhan 1998.

"Ya saya percaya ini keputusan yang terbaik, daripada nanti pas kita buka, terus yang rusuh masuk pasar kan kita juga yang repot," ucapnya.

Hal serupa juga diungkapkan Mahdi (32). Bapak satu anak ini biasa bekerja di Pasar Tanah Abang sebagai kuli panggul. Namun, semenjak dua hari pasar tutup, dia mengisi kekosongan waktu dengan menjadi jasa ojek.

"Ya, anak istri kita kan harus tetap makan tiap hari, jadi ngojek mau tidak mau. Besok kalau pasar buka, ya ke sini lagi," ucap dia.

Sampai saat ini, sejumlah petugas keamanan terlihat berjaga-jaga di sekitar pintu masing-masing blok Pasar Tanah Abang. Terlihat petugas security dibantu pengamanan oleh petugas Kepolisian dan TNI.

Tidak hanya para petugas keamanan, sejumlah peserta aksi yang menggunakan atribut berwarna putih juga sesekali masih berlalu lalang di sekitar Pasar Tanah Abang.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3975308/menperin-aksi-22-mei-ganggu-aktivitas-ekonomi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menperin: Aksi 22 Mei Ganggu Aktivitas Ekonomi"

Post a Comment

Powered by Blogger.