Search

Pemindahan Ibu Kota Bakal Buat Daerah Pertumbuhan Baru

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi B.Sukamdani menyebutkan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke luar Jawa akan membawa dampak positif, khususnya bagi dunia usaha.

Dia menjelaskan, dengan ada pemindahan pusat pemerintahan otomatis akan menciptakan satu kota metropolitan baru. Kendati demikian, dia mengingatkan tentunya proses pemindahan ibu kota tidak mungkin dapat terwujud dalam waktu singkat.

"Jadi pemindahan ibu kota ide bagus untuk buat daerah pertumbuhan baru, tapi harus diingat bahwa sifat pemindahan ibu kota itu jangka panjang," kata dia saat ditemui di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Dia mengungkapkan, dalam proses pemindahan ibu kota di dalamnya terdapat banyak hal penting yang perlu dilakukan yang memerlukan persiapan cukup lama dan kompleks. Di antaranya adalah persiapan tata ruang, dana , dan kesiapan daerah serta hal-hal krusial lainnya.

"Yang jelas tidak mungkin selesai dalam waktu 5 tahun," ujar dia.

Oleh sebab itu, dia berharap pemerintahan kali ini dapat melanjutkan pada periode sebelumnya agar terjadi kontinuitas mengenai pemindahan ibu kota tersebut.

"Dan 5 tahun itu masa bakti presiden yang nanti ini akan berjalan. Jadi harus dipertimbangkan jangan sampai nanti tidak ada payung hukum kuat dan nanti ganti presiden, 5 tahun lagi enggak jalan . Akibatnya rugikan kita semua," ujar dia.

Dia mengatakan, wacana pemindahan ibu kota jangan sampai gagal mengingat dana yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

"Jangan sampai nanti masalah ibu kota seperti itu. Jadi perlu jaminan jangka panjang jangan sampai nanti sudah diputuskan, ke depannya gak jalan. Dan ini kelemahan kita tidak punya GBHN seperti dulu. Kalau dulu ada tap MPR, lembaga tertinggi negara, saat ini tidak ada lembaga tertinggi negara dan semua sama lembaga tinggi. Dan ini harus jadi faktor dipertimbangkan," ujar dia.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3956439/pemindahan-ibu-kota-bakal-buat-daerah-pertumbuhan-baru

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemindahan Ibu Kota Bakal Buat Daerah Pertumbuhan Baru"

Post a Comment

Powered by Blogger.