Search

OJK Hargai Keputusan Rabobank Berhenti Operasi di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso angkat suara terkait dengan berhentinya operasional PT Bank Rabobank di Indonesia.

Sebagai otoritas lembaga keuangan OJK pun menghargai keputusan yang diambil oleh Rabobank Indonesiatersebut.

"Soal intention bahwa Rabo ingin mengakhiri, operasinya di Indonesia ini merupakan keputusan dari korporasi. Kita hargai kalau memang ternyata mempunyai alasan-alasan yang menurut bisnis, pasti dia alasan bisnis ini lebih menguntungkan mereka  kalau tidak beroprasi lagi di indonesia. Kita hargai keputusan itu," kata Wimboh saat ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Kendati demikian, penghentian operasional Rabobank tersebut juga harus mengikuti proses pengembalian izin perbankan dan izin usaha dari otoritas terkait. Kemudian selanjutnya adalah bagaimana kepentingan masyarakat nasabah juga perlu diperhatikan, artinya jangan sampai ada yang terganggu.

"Kita yakini, kita jamin jamin tidak akan terganggu. Kita tentunya teknikal itu akan minta beberapa hal kepada Rabobank, untuk bisa  menjamin continuitas para nasabah melakukan jasa perbankan," kata dia.

Wimboh mengatakan, pihaknya juga tengah berkomunikasi dengan pihak Rabobank Indonesia terkait dengan pemberhentian operasional tersebut. Di samping itu, OJK juga telah menawarkan sejumlah opsi yakni pemindahan rekening terhadap bank lain. 

"Kita belum sampai sedetil itu teknisnya, tapi itu tidak sulit sebenernya. Ini bukan pertama kali. Ada beberapa cara lakukan, memberikan opsi ke nasabahnya untuk memindahkan rekeningnya pada bank lain. Tapi juga bagaimana kerja sama Rabo Bank dengan baik lain, bank mana yang bisa melakukan itu.  Ini hanya beberapa opsi-opsi yang disiapkan," bebernya. "Banyak hal yang harus kita bicarakan teknis lebih detil antara Rabo Bank terutama dengan kita sebagai otoritas pengawas, secara jelas," pungkas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3955730/ojk-hargai-keputusan-rabobank-berhenti-operasi-di-indonesia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "OJK Hargai Keputusan Rabobank Berhenti Operasi di Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.