Search

BI Yakin Pertumbuhan Ekonomi RI Capai 5,3 Persen, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2018 akan sesuai dengan target. Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi 2018 tetap berada pada kisaran 5,1-5,5 persen.

Perry menjelaskan, ada beberapa perkembangan yang menjadi sinyal positif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi 2018. Salah satunya adalah pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) di paruh pertama tahun ini.

"Ada beberapa perkembangan yang positif maupun yang memang membuat kenapa pertumbuhan ekonomi yang kita perkirakan sampai 5,3 persen. Stimulus fiskal yang cukup baik," kata Perry, di kantornya, Jumat (25/5/2018).

"Apresiasi Menkeu yang stimulus fiskalnya bisa mendorong ekonomi lebih baik, apalagi gaji dan THR mendorong stimulus fiskal dan termasuk stimulus fiskal belanja modal terutama infrastruktur. Semula investasi lebih banyak di construction, sekarang tidak hanya di construction," sambungnya.

Selain itu, ada beberapa perkembangan positif lainnya yaitu faktor harga komoditas luar negeri.

"Ada beberapa perkembangan yang positif maupun yang memang membuat kenapa pertumbuhan ekonomi yang kita perkirakan sampai 5,3 persen. Beberapa perkembangan positifnya yaitu faktor harga komoditas luar negeri," ujarnya.

Kondisi tersebut, lanjutnya, cukup baik dan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi untuk lebih baik lagi di sejumlah daerah seperti Kalimantan dan Sumatera.

"Itu yang mendorong beberapa daerah yang mempunyai ekspor komoditas, dan kursnya cukup baik bagi eksporter sehingga mendorong konsumsi dan ekspor meningkat."

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3538888/bi-yakin-pertumbuhan-ekonomi-ri-capai-53-persen-ini-alasannya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BI Yakin Pertumbuhan Ekonomi RI Capai 5,3 Persen, Ini Alasannya"

Post a Comment

Powered by Blogger.