Search

Nasib Motor Honda Rangka eSAF Karatan Jika Garansi Habis - CNN Indonesia

Cikarang, CNN Indonesia --

Pemilik sepeda motor Honda dengan keluhan rangka eSAF karatan hingga patah dapat mendatangi bengkel AHASS. Konsumen juga bisa mendapat rangka baru secara cuma-cuma apabila garansi masih berlaku.

Astra Honda Motor (AHM) memberikan garansi setiap motor Honda pakai rangka eSAF dengan masa berlaku satu tahun atau 10 ribu kilometer, mana tercapai lebih dahulu.Motor yang tercatat yakni Genio, Beat, Scoopy, dan Vario 160.

Melalui garansi tersebut, pemilik motor dengan rangka eSAF dapat mengganti rangka tanpa biaya sepeser pun jika ada kerusakan yang bukan disebabkan kelalaian akibat penggunaan sehari-hari. Motor dengan rangka eSAF sudah mengaspal sejak 2019, melalui produk skutik Genio.

Di satu sisi, pihak AHM mengklaim belum menemukan cara mengganti rangka eSAF yang di luar masa garansi.

Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication AHM mengatakan untuk penanganan motor dengan rangka eSAF yang bermasalah tapi sudah di luar masa garansi masih dipikirkan.

Pihak AHM berpotensi melonggarkan masa garansi untuk kasus tertentu. Namun pihak AHM akan tetap mengedepankan proses pendalaman kepada konsumen lebih dahulu untuk mengetahui penyebab rangka motornya mengalami karat bahkan patah.

"Ya kami coba nanti periksa lebih detail lagi penyebabnya, apa nanti kami lihat apakah ini bisa diberikan kebijakan khusus atau seperti apa itu harus kami pelajari masalah yang dikeluhkan konsumen ketika memang habis masa garansi ya," kata Muhibbuddin di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (23/8).

"Karena memang tadi secara bisnis kami strict [ketat] dengan bahwa masa garansi untuk kerangka itu setahun," ucap Muhib kemudian.

Selain melalui garansi, rangka eSAF dipahami juga dijual secara umum jika ada konsumen yang berminat.Honda mengklaim telah menjual rangka eSAF, jauh sebelum kasus ini mencuat ke permukaan.

Rangka dapat dibeli dengan banderol Rp1,15 juta di jaringan dealer resmi Honda di Indonesia, seperti halnya di Daya Adicipta Motora. Pihak AHM menjual rangka eSAF dan sasis lainnya karena masuk ke dalam bagian pemenuhan spare part dari skutik Honda yang dijual.

Masa tunggu pembelian komponen ini tergantung ketersediaan stok. Harga belum termasuk ongkos pasang, dan pembuatan nomor rangka.

Muhibbuddin bilang biaya pemasangan rangka eSAF ini tidak sama antar dealer. Namun pastinya, ia tidak menguraikan lebih jauh.

Ia bilang pembelian rangka sepeda motor sebetulnya tak bisa dilakukan secara bebas. Hal ini menyangkut legalitas kendaraan mengingat sasis itu memiliki identitas yang terikat kebijakan berupa nomor rangka.

"Rangka itu tidak bisa dijual sembarangan, kenapa karena kami pabrikan itu harus mengetrik ulang atau mencetak ulang atau numbering agar sesuai dengan nomor yang ada di STNK atau BPKB. Karena kalau berbeda nanti akan bermasalah motornya ini yang mau kami jaga," ucap dia.

Muhibbuddin menambahkan pihaknya juga meminta konsumen skutik Honda yang rangkanya bermasalah untuk mendatangi dealer resmi terdekat agar secara dilakukan pengecekan. Dengan begitu penyebab dari rangka bermasalah dapat segera diketahui dan konsumen memperoleh penanganan yang tepat.

[Gambas:Video CNN]

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMieGh0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vb3RvbW90aWYvMjAyMzA4MjQxMDI4MzAtNTk1LTk4OTg1NC9uYXNpYi1tb3Rvci1ob25kYS1yYW5na2EtZXNhZi1rYXJhdGFuLWppa2EtZ2FyYW5zaS1oYWJpc9IBfGh0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vb3RvbW90aWYvMjAyMzA4MjQxMDI4MzAtNTk1LTk4OTg1NC9uYXNpYi1tb3Rvci1ob25kYS1yYW5na2EtZXNhZi1rYXJhdGFuLWppa2EtZ2FyYW5zaS1oYWJpcy9hbXA?oc=5

2023-08-24 06:00:00Z
2336529081

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nasib Motor Honda Rangka eSAF Karatan Jika Garansi Habis - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.