Search

Pekan Depan, IHSG Dibayangi Pelemahan dengan Pilihan Saham Berikut - Investor.ID

JAKARTA, Investor.id –  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melemah menguji level 6.800 pekan ini. Pelemahan dipengaruhi berlanjutnya ketidapastian bursa global. 

Head of Research Investasiku Cheryl Tanuwijaya mengatakan, ketidakpastian global telah menjadi sentimen buruk bagi IHSG pekan ini. Di antaranya, terbatasnya jumlah lowongan pekerjaan di AS pada Juli 2023 ke level 9,5 juta dan melemahnya indeks keyakinan konsumen Agustus 2023.

Faktor lainnya, Cheryl menambahkan, pasar masih mencerna pidato dan komentar The Fed pada pertemuan Jackson Hole akhir pekan ini. Pidato tersebut akan membahas proyeksi ekonomi dan kebijakan moneter AS selanjutnya. 

Advertisement

"Saat ini potensi The Fed menaikan suku bunga dua kali lagi meningkat dengan probabilitas bertambah menjadi 40%," jelas Cheryl kepada Investor Daily, akhir pekan lalu.

Sementara sentimen dari dalam negeri, ungkap Cheryl, para pelaku pasar akan mencermati data aktivitas manufaktur Indonesia periode Agustus. "Jika lebih baik dari perkiraan, sentimen negatif dari global bakal mengecil," imbuh dia.

Di sisi lain, Ketua Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell dalam pidatonya, Jumat (25/8), menyampaikan, The Fed siap melanjutkan kenaikan suku bunga, jika diperlukan. Sebab, inflasi saat ini dinilai masih tinggi.  The Fed juga siap mempertahankan kebijakan pada tingkat yang terbatas sampai inflasi dapat dipastikan turun secara berkelanjutan.

Di tengah situasi seperti sekarang, menurut Powell, The Fed akan berhati-hati untuk melanjutkan pengetatan ataukah mempertahankan suku bunga tetap, sambil terus menantikan data lebih lanjut.

Menurut dia, pemulihan stabilitas harga sangatlah penting. "Kita memerlukan stabilitas harga untuk mencapai kondisi pasar tenaga kerja yang kuat dan berkelanjutan yang menguntungkan semua pihak," jelas Powell dalam keterangannya, dikutip Minggu (27/8).

Editor: Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+oCMJPFzpWeg0OGZl, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiY2h0dHBzOi8vaW52ZXN0b3IuaWQvbWFya2V0LzMzOTA2Ny9wZWthbi1kZXBhbi1paHNnLWRpYmF5YW5naS1wZWxlbWFoYW4tZGVuZ2FuLXBpbGloYW4tc2FoYW0tYmVyaWt1dNIBAA?oc=5

2023-08-27 12:54:38Z
2368112847

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pekan Depan, IHSG Dibayangi Pelemahan dengan Pilihan Saham Berikut - Investor.ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.