Search

Penampakan Rangka eSAF pada Motor Honda saat Diproduksi - detikOto

Daftar Isi

Jakarta -

Di media sosial tengah ramai dibahas soal rangka motor Honda yang keropos, karatan sampai ada yang patah. Rangka eSAF pada motor terbaru Honda dituding menjadi biang keroknya.

Diketahui, beberapa motor jenis skuter matik (skutik) Honda menggunakan rangka baru bernama eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Rangka eSAF dikembangkan untuk beberapa skutik Honda.

Honda pertama kali mengaplikasikan rangka jenis ini untuk Honda Genio pada awal peluncurannya 2019 lalu. Kini, rangka yang diklaim lebih ringan itu telah digunakan di beberapa skutik andalan Honda. Saat ini, motor-motor Honda yang menggunakan rangka eSAF antara lain Honda Genio, Honda Scoopy, Honda BeAT dan Honda Vario 160.

Rangka eSAF berbeda dengan rangka motor Honda sebelumnya. Jika pada motor Honda sebelumnya menggunakan rangka dari pipa atau tubular, pada eSAF menggunakan pelat baja yang kemudian di-press dan dilas.

Produksi Honda Genio di CikarangProduksi Honda Genio di Cikarang menggunakan rangka eSAF. Foto: Rizki Pratama

Setidaknya ada enam bagian frame yang disatukan. Pengelesannya menggunakan laser wielding sehingga hasil laser welding ini secara kualitas diklaim akan lebih baik, tidak mempengaruhi komposisi frame body-nya dan hampir tidak ada deformasi.

Material dan metode ini disebut mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Sebab, rangka menjadi lebih ringan 4 kilogram jika dibandingkan dengan rangka lama.

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan proses produksi teknologi rangka terbaru Honda Genio, yaitu enhanced Smart Architecture Frame (eSAF).PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan proses produksi teknologi rangka terbaru Honda Genio, yaitu enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Foto: dok AHM

AHM mengklaim rangka eSAF lebih ringan 8 persen dibanding rangka skutik Honda sebelumnya. Hal ini membuat pengendaraan lebih nyaman dan mudah ketika bermanuver. Meski lebih ringan, Honda menyebut eSAF memiliki daya tahan yang lebih baik karena menggunakan bahan baja.

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan proses produksi teknologi rangka terbaru Honda Genio, yaitu enhanced Smart Architecture Frame (eSAF).PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan proses produksi teknologi rangka terbaru Honda Genio, yaitu enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Foto: dok AHM

AHM Tanggap Viral Rangka Keropos hingga Patah

Dengan beberapa keunggulan tadi, justru banyak keluhan dari konsumen yang menggunakan motor skutik Honda. Di media sosial ramai keluhan soal rangka motor yang berkarat, keropos sampai ada yang patah.

Menurut Direktur Pemasaran PT AHM Octavianus Dwi Putro, kejadian rangka berkarat, keropos sampai patah harus dilihat kasus demi kasusnya. Sebab, tidak semua konsumen mengeluhkan hal itu.

"Kita melihatnya mesti case by case ya. Itu case-nya dilaporkan saja, nanti kita akan dalamin lebih lanjut. Karena sejauh ini tidak ada keluhan yang berarti mengenai hal itu dari konsumen-konsumen yang lain. Jadi mungkin mesti dilihat case by case-nya," kata Octa.

"Tergantung case-nya. Kalau case-nya kesalahan pemakaian, ya kita akan bantu next-nya jangan kejadian. Kemudian sparepart-nya kita akan bantu. Beberapa perlu ada investigasi lebih lanjut, kaitannya sama QC (pengecekan kualitas), kita akan tangani. Jadi tergantung kasusnya. Kalau misalkan mengenai frame patah sementara pas dilihat karena pemakaian, karena dekat pantai atau laut, nah itu banyak case-nya. Makanya saya nggak bisa ngomong, case by case saja," sebutnya.

Terkait apakah rangka motor yang keropos dan patah digaransi, Octa menjelaskan tergantung dengan kasusnya. "Tergantung tadi case-nya, dia masih masuk dalam kriteria dan masa garansi atau enggak. Semua itu kan ada waktunya, ada ketentuannya," ucapnya.

Simak Video "Review Honda Benly: Desain Nyentrik, Dipakai Kerja Asyik! "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiXWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci9kLTY4ODM2NjcvcGVuYW1wYWthbi1yYW5na2EtZXNhZi1wYWRhLW1vdG9yLWhvbmRhLXNhYXQtZGlwcm9kdWtzadIBYWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci9kLTY4ODM2NjcvcGVuYW1wYWthbi1yYW5na2EtZXNhZi1wYWRhLW1vdG9yLWhvbmRhLXNhYXQtZGlwcm9kdWtzaS9hbXA?oc=5

2023-08-18 12:06:51Z
2336529081

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penampakan Rangka eSAF pada Motor Honda saat Diproduksi - detikOto"

Post a Comment

Powered by Blogger.