Search

3 Cara Jitu HRD Bisa Merekrut Pekerja Kreatif

Liputan6.com, Jakarta Dunia kerja sekarang ini sedikit banyak telah mengalami perkembangan cukup pesat. Hal ini bisa dilihat dari bidang pekerjaan yang beredar, termasuk pekerjaan di bidang kreatif.

Pekerjaan di bidang kreatif itu sendiri sebagaimana kita ketahui meliputi sejumlah profesi seperti Graphic Designer, Videografer, Copywriter, Content Writer, hingga Social Media Officer.

Nah, di era digital seperti sekarang ini, profesi-profesi tersebut banyak dibutuhkan perusahaan-perusahaan. Mayoritas angkatan kerjanya adalah generasi milenial dan cenderung menginginkan pekerjaan yang tidak kaku serta lekat dengan teknologi juga turut memengaruhi tren ini.

Fenomena ini pun tak ayal memberikan tantangan tersendiri bagi para recruiter atau yang biasa dikenal HRD (Human Resources Development).

Dikatakan demikian karena pada kenyataannya, merekrut seorang pekerja di bidang kreatif tidak semudah ketika merekrut pekerja untuk mengisi job desc konvensional semisal marketing, sales, customer service, dan sebagainya.

Jumlah individu yang memiliki keterampilan untuk bekerja di bidang kreatif sangatlah banyak, sehingga HR benar-benar harus memahami perihal masing-masing job desc agar nantinya kandidat yang terpilih benar-benar kandidat yang capable untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Lalu, apa yang kiranya harus Anda--para staff HRD--lakukan agar proses perekrutan pekerja kreatif berjalan dengan baik? Simak tipsnya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pahami Bidang Pekerjaan Kreatif dengan Baik

Sebelum sampai di tahap perekrutan, yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah membuat semacam struktur organisasi dan analisis terhadap posisi tersebut. Hal ini guna memudahkan Anda untuk menentukan job description dan job specification.

Setelah itu, Anda pun akan semakin mudah untuk menentukan kriteria ideal bagi kandidat yang akan mengisi posisi tersebut. Anda jadi tahu dan paham, bagaimana nantinya si kandidat akan melakoni pekerjaannya dan seperti apa karakter pekerja yang diharapkan.

Sebagai contoh, Anda sedang mencari seorang content writer. Anda tahu bahwa job desc utama dari posisi ini ialah membuat konten (baik itu artikel maupun deskripsi produk) dan bukan membuat desain visual.

Pun sebaliknya, atau bidang pekerjaan kreatif lainnya. Jika Anda mencari seorang content writer namun diwajibkan juga untuk bisa membuat desain visual dan edit foto, maka biasanya akan sulit dan butuh waktu lama untuk mendapatkan kandidat yang ideal.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3803680/3-cara-jitu-hrd-bisa-merekrut-pekerja-kreatif

Bagikan Berita Ini

Related Posts :

0 Response to "3 Cara Jitu HRD Bisa Merekrut Pekerja Kreatif"

Post a Comment

Powered by Blogger.