Search

Ini Capaian Ekonomi RI pada 2018

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah menunjukkan kinerja sangat baik di bidang ekonomi, khususnya yang berorientasi pada kesejahteraan sosial, keadilan ekonomi dan stabilitas harga.

"Datanya jelas dan bisa diakses siapa saja, asal jangan dipelintir. Semua itu bisa kita buktikan. Ada banyak keberhasilan yang saya catat," papar Ekonom Arif Budimanta, di Jakarta, Senin (31/12/2018).

Data yang disampaikan oleh Arif Budimanta yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), antara lain kenaikan harga yang relatif terjaga.

Inflasi hanya di kisaran tiga persen yang menunjukkan tidak ada gejolak berarti. "Bahkan di era pemerintahan Presiden Jokowi, harga bahan bakar minyak tidak lagi timpang, karena sudah satu harga di seluruh Indonesia," ujar dia.

Selain itu, pada Maret 2018, tingkat kemiskinan tercatat sebagai yang terendah sepanjang masa yaitu 9,82 persen. Begitu juga dengan pengangguran terbuka yang hanya 5,13 persen. Kondisi ini menunjukkan rakyat semakin sejahtera karena makin banyak yang bekerja.

Kehidupan warga pun kian terjamin. Pemerintah mendorong program jaminan sosial. Lebih dari 92 juta warga menerima Kartu Indoensia Sehat yang dijamin  negara.

"Layanan kesehatan semakin merata dan mudah dijangkau," ujar dia.

Dia menambahkan, tingkat pendidikan warga semakin baik. Tingkat harapan lama sekolah sudah mencapai 12,85 tahun. Dari sisi pemerataan, proporsi total kekayaan nasional yang dikuasai 1 dan 10 persen warga makin berkurang.

Hal ini, ungkap Arif memperlihatkan seluruh transformasi struktural yang dilakukan pemerintah pada ujungnya mampu menekan konsentrasi penguasaan aset oleh sekelompok orang.

Bahkan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak ada lagi disparitas yang tinggi karena implementasi kebijakan BBM Satu Harga. Selain itu, Arif mengungkapkan,  Presiden Jokowi membuktikan pembangunan infrastruktur terus dilakukan.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3860231/ini-capaian-ekonomi-ri-pada-2018

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Capaian Ekonomi RI pada 2018"

Post a Comment

Powered by Blogger.