Search

Resmi Beroperasi, Jokowi Heran Tol Bocimi Mangkrak 21 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 yakni dari Ciawi hingga Cigombong sepanjang 15,3 kilometer (km) di Gerbang Tol Cigombong-1, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/12/2018) ini.

Mantan Walikota Solo ini mengaku heran mengapa Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) bisa mangkrak hingga 21 tahun. Pembangunan tol dengan total panjang 54 kilometer ini sedianya dimulai pada 1997.

"Penetapan lelang tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ini sudah ditetapkan tahun 1997. Saya tidak tahu kenapa harus memakan waktu 21 tahun untuk memulai ini," ujar Jokowi di Bogor.

Tak hanya itu, Tol Bocimi juga sempat beberapa kali berganti investor. Mulai dari Konsorsoum Bukaka Teknik Utama, Bakrie Group, hingga MNC Group.

"Sudah ganti investor, saya sudah nggak bisa ngitung berapa kali," kata dia.

Karena itulah pada 2015 lalu, akhirnya PT Waskita Karya (Persero) Tbk, melalui anak usahanya, Waskita Toll Road, mengambil alih proyek ini.

"Kemudian 2015 kita ambil alih, mengambil alih dengan negosiasi yang alot. Baru awal 2016 betul-betul di lapangan kontruksi pembebasan lahan bisa dilakukan," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3796755/resmi-beroperasi-jokowi-heran-tol-bocimi-mangkrak-21-tahun

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Resmi Beroperasi, Jokowi Heran Tol Bocimi Mangkrak 21 Tahun"

Post a Comment

Powered by Blogger.