Search

5 Jurus Ampuh Atur Duit untuk Pasangan Muda

Liputan6.com, Jakarta - Artikel kali ini khusus untuk para pasangan muda yang baru menikah dan bingung bagaimana caranya mengatur keuangan rumah tangga, karena tentu saja hal ini akan menjadi perihal baru yang cukup tricky jika tidak dilakukan perencanaan keuangan yang baik.

Menikah muda sudah menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Menikah di usia awal hingga pertengahan 20-an dinilai sebagai keputusan besar yang pastinya membutuhkan kesiapan mental yang matang.

Bukan hanya kepribadian yang dituntut untuk siap, akan tetapi kesiapan lain juga datang dari urusan keuangan. Karena kebanyakan pasangan muda ini baru memasuki dunia kerja di mana karier yang sedang dibangun baru memasuki tahap awal. Alhasil, dari sisi penghasilan pun biasanya masih belum optimal. Nah, hal ini menyebabkan banyak pasangan muda yang akhirnya sering bertengkar karena masalah keuangan.

Selain faktor umur yang masih bisa digolongkan muda, ditambah situasi finansial yang belum mapan, menjadi kombinasi situasi rumit yang harus mereka hadapi.

Nah, untuk pasangan muda yang baru menikah, mungkin bisa melihat 5 jurus jitu mengatur keuangan rumah tangga berikut ini, seperti dikutip dari TunaiKita:

1. Susun Perencanaan Kebutuhan Belanja Bulanan

Ketika masih berstatus lajang, kamu mungkin cuma perlu mengatur penghasilan agar cukup untuk menutupi kebutuhan diri sendiri. Namun ketika sudah memiliki pasangan, tentunya juga perlu memikirkan kebutuhan keuangan rumah tangga dan kebutuhan berdua.

Oleh karena itu, biasakan untuk menyusun anggaran rutin setiap bulan untuk kebutuhan rumah tangga. Ini adalah cara mengatur kebutuhan bulanan rumah tangga yang paling mendasar.

Caranya mudah. Mulai dari membuat daftar rencana belanja bulanan, kebutuhan bulanan rutin, seperti listrik, air, internet, dan lain-lain. Jangan lupa juga membuat daftar apa saja cicilan utang yang harus kamu bayar setiap bulan. Tagihan kartu kredit, KTA, cicilan kendaraan bermotor, dan lain-lain.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3858120/5-jurus-ampuh-atur-duit-untuk-pasangan-muda

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Jurus Ampuh Atur Duit untuk Pasangan Muda"

Post a Comment

Powered by Blogger.