Search

Penutupan Pemerintahan AS Berlanjut Hingga Pekan Depan

Liputan6.com, Jakarta Kebuntuan kesepakatan anggaran pembangunan tembok perbatasan, membuat penutupan pemerintahan Amerika Serikat (AS) kemungkinan berlanjut hingga minggu depan. Dana pembangunan tembok merupakan keinginan Presiden Donald Trump yang hingga kini belum disetujui Kongres.

Melansir laman BBC dan CNN, Jumat (28/12/2018), pada rapat terakhir sebelum reses akhir tahun pada Kamis (27/12), kedua kubu yakni Partai Demokrat dan Republik tak jua mencapai kesepakatan soal anggaran Tembok senilai USD 5 miliar. 

Ini yang membuat penutupan pemerintahan AS bisa berlanjut hingga minggu depan, sebab pertemuan kedua kubu baru akan digelar kembali pekan depan.

Sengketa anggaran tembok telah menyebabkan ratusan ribu karyawan federal terkena cuti tanpa dibayar hingga waktu yang belum diketahui. Adapun Penutupan Pemerintahan AS sudah berlangsung selama enam hari. 

Layanan pemerintahan yang ditutup antara lain 9 dari 15 departemen, termasuk keamanan dalam negeri, transportasi, pertanian dan hukum. Instansi ini mulai ditutup setelah tak lagi memiliki dana pada Sabtu (22/12/2018) tengah malam lalu.

Langkah penutupan pemerintahan diambil sebagai bentuk ancaman Trump karena anggaran temboknya tak disetujui.

Trump mengatakan dia tidak akan berkompromi dengan tuntutan terkait pendanaan untuk membangun tembok perbatasan antara AS dan Meksiko, untuk mengatasi imigrasi ilegal.

Bahkan dalam tweet terbaru yang diposting pada Kamis (27/12/2018), dia mengecam Partai Demokrat yang dinilai tak mendukungnya.

"Biarkan Demokrat akhirnya menyadari bahwa kita sangat membutuhkan Keamanan Perbatasan dan Tembok di Perbatasan Selatan. Ini harus dilakukan untuk menghentikan masuknya narkoba, perdagangan manusia, anggota geng dan penjahat datang ke negara kita. Apakah Dems menyadari bahwa sebagian besar orang yang tidak dibayar adalah Demokrat?," kecam Trump dalam akun Twitter @realDonaldTrump.

Pernyataan Trump ini langsung ditanggapi lawannya. Senator Dick Durbin menuduh trump terlalu membesar-besarkan masalah imigrasi untuk kepentingan politik, dan berpendapat bahwa ada bentuk keamanan perbatasan yang lebih baik daripada tembok.

"Penutupan pemerintah Presiden sepertinya tidak akan berakhir. Dia mengambil sandera pemerintah kita atas permintaannya yang keterlaluan untuk tembok perbatasan senilai USD 5 miliar yang akan sia-sia dan tidak efektif," cuit Durbin melalui akun @SenatorDurbin.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3858419/penutupan-pemerintahan-as-berlanjut-hingga-pekan-depan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penutupan Pemerintahan AS Berlanjut Hingga Pekan Depan"

Post a Comment

Powered by Blogger.