Search

Asian Games 2018 Bakal Dongkrak Kinerja Surya Citra Media

Liputan6.com, Jakarta - PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) berpotensi dongkrak belanja iklan pada semester II 2018 dengan ada momen kegiatan olahraga Asian Games 2018.

Berdasarkan paparan publik perseroan, Senin (25/6/2018), belanja iklan secara industri tumbuh sekitar 13 persen menjadi Rp 48,43 triliun dari Januari-Mei 2018 dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 42,96 triliun. Akan tetapi, belanja iklan secara nett diperkirakan mendatar selama Januari-Mei 2018.

Meski demikian, momen kegiatan olahraga Asian Games 2018 diharapkan dapat dongkrak belanja iklan secara industri. Apalagi Indonesia kembali jadi tuan rumah pada 2018. Sebelumnya Indonesia pernah jadi tuan rumah Asian Games pada 1962.

"Semester kedua kita harapkan ada Asian Games boost adex (advertising expenditure-red) juga. Momen untuk Asian Games hype tinggi dan jadi official broadcaster," ujar Direktur PT Surya Citra Media Tbk, Rusmiyati Djajaseputra usai ditemui pada paparan publik Senin (25/6/2018).

Diperkirakan semua sektor industri dapat berkontribusi untuk meningkatkan belanja iklan pada momen Asian Games 2018. Sektor tersebut mulai dari food and beverage, bank dan lain-lain. "Banyak dari semua industri ikut serta. Ini pertama kali sejak 1962 terakhir Asian Games (di Jakarta-red). Jadi memang momen sangat penting sekali," tambah Rusmiyati.

Selain itu, PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) masih mencatatkan kinerja positif sepanjang periode tahun berjalan 2018. Ini ditunjukkan dari performa pangsa pemirsa perseroan dilihat secara grup media.

Dari paparan publik yang disampaikan manajemen perseroan pada awal pekan ini, pangsa pemirsa PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) periode 1 Januari-24 Mei 2018 mencapai 32,5 persen. Ini berasal dari dua stasiun televisi SCTV dan Indosiar. Angka tersebut lebih tinggi dari grup media lainnya.

Dilihat performa pangsa pemirsa dari stasiun televisi yaitu SCTV mencatatkan rata-rata pertumbuhan pangsa pemirsa naik 1,8 persen menjadi 17,5 persen. Sedangkan pangsa pemirsa stasiun televisi Indosiar tumbuh 3,1 persen menjadi 15 persen pada 1 Januari-24 Mei 2018.

Pada program prime time, stasiun televisi SCTV mencatatkan pangsa pemirsa 20,2 persen pada 1 Januari-24 Mei 2018 dari periode sama tahun sebelumnya 18 persen. Sedangkan stasiun televisi Indosiar mencatatkan pangsa pemirsa 14,7 persen pada 1 Januari-24 Mei 2018 dari periode sama tahun sebelumnya 12,5.

Diperkirakan program sinetron dan FTV masih mendominasi untuk menunjang performa perseroan. "Kalau sekarang iya, SCTV audience share memang stabil. Pangsa pasar atau pemirsa FTV cukup tinggi akan tetap stay di line masing-masing. SCTV dengan FTV dan sinetron.  Indosiar dengan talent show," ujar Rusmiyati.

PT Surya Citra Media Tbk pun mencatatkan pendapatan neto tumbuh 15 persen selama tiga bulan pertama 2018. Pendapatan perseroan naik menjadi Rp 1,15 triliun pada kuartal I 2018 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 1 triliun.

Laba periode berjalan naik 18,7 persen menjadi Rp 359,76 miliar pada kuartal I 2018. Dengan melihat kinerja itu, laba per saham tumbuh 19,3 persen menjadi 24,57 pada kuartal I 2018 dari periode sama tahun sebelumnya 20,59.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel di sini (backlink ke: https://www.liputan6.com/quickcount) dan ikuti Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop hanya di liputan6.com.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) memperoleh penghargaan sebagai perusahaan terbuka terbaik di sektor advertising, percetakan, dan media

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3568916/asian-games-2018-bakal-dongkrak-kinerja-surya-citra-media

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Asian Games 2018 Bakal Dongkrak Kinerja Surya Citra Media"

Post a Comment

Powered by Blogger.