Search

Ketua DPR Ingatkan Rupiah yang Terus Terpuruk

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta berbagai pihak atau lembaga negara dan kementerian untuk bertindak mengatasi melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS (AS).

Pada penutupan hari ini, kurs rupiah di Bank Indonesia berada di posisi 14.332 per Dolar AS. Sementara di Pasar Spot‎ di angka Rp 14.303 per Dolar AS.

Dia mengakui jika merosotnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar dipengaruhi beberapa hal termasuk faktor eksternal. Seperti perang dagang antara Amerikadan China yang semakin meningkat, hambatan perdagangan di India dan Uni Eropa, serta kenaikan harga minyak mentah dunia.

Dengan kondisi yang ada, bagi dia harus ada sejumlah hal yang harus dilakukan lembaga negara menyangkut masalah itu. Himbauan ini antara lain ditujukan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Bank Indonesia (BI) sebagai pemegang otoritas fiskal serta moneter.

"Kemenkeu dan BI harus berkomitmen dalam menyiapkan solusi dan langkah-langkah mitigasi agar pergerakan kurs dapat kembali normal serta lebih cermat mengawasi berbagai aspek yang mempengaruhi," kata dia di Jakarta, Jumat (29/6/2018).

Politikus Golkar itu mengatakan, kedua lembaga itu wajib mengingatkan diri sendiri, bahwa stabilitas nilai tukar menjadi suatu hal yang penting.

Dia pun berharap Komisi XI DPR yang membidangi masalah keuangan, segera mengontak mitra kerjanya itu untuk segera bergerak.

‎Selain itu, dia mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk memberikan insentif ekspor. Baginya, hal demikian perlu dilakukan guna mendapatkan surplus perdagangan dan mengurangi neraca keseimbangan primer negatif.

Di sisi lainnya, diharapkan ada langkah dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Baginya, lembaga itu harus lebih proaktif dan progresif dalam melakukan hubungan kerjasama bilateral dan multilateral dengan negara-negara maju. Utamanya agar para pengusaha mereka datang menanamkan modalnya di Indonesia.

Hal ini guna meningkatkan investasi ke dalam negeri. Arus modal masuk akan membantu memperbaiki nilai tukar Rupiah.

"Saya mengharapkan agar komisi di DPR terkait, seperti Komisi VI agar mengingatkan lembaga terkait mengenai masalah ini," tukas dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3573942/ketua-dpr-ingatkan-rupiah-yang-terus-terpuruk

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketua DPR Ingatkan Rupiah yang Terus Terpuruk"

Post a Comment

Powered by Blogger.