Search

BNI Syariah Bakal Lepas Saham ke Publik pada Awal 2019

Liputan6.com, Jakarta - PT BNI Syariah akan melakukan penawaran umum perdana saham (Innitial Public Offering/IPO) pada awal 2019. Untuk memuluskan rencana tersebut, manajemen anak usaha PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) tersebut telah membentuk tim IPO

"Pembentukan tim sudah, yang jelas harus masuk Rencana Bisnis Bank (RBB) karena ini corporate action dan harus dapat izin dari pemegang saham induk juga yaitu BBNI," tutur dia di Gedung BNI Syariah, Jakarta Selatan, Kamis (26/7/2018).

Firman mengharapkan, Perseroan bisa catatkan saham perdana pada awal 2019. "Saat ini kita sedang siapkan, yang jelas kita sudah masukan RBB 2019. Awal tahun depan harapannya ya," kata dia.

Firman menambahkan, secara fundamental, BNI Syariah siap IPO. Perseroan akan pakai laporan keuangan Maret 2018 untuk IPO.

"Kira-kira pakai laporan keuangan Maret 2018 atau Desember 2017. Tahun depan juga tahun Pemilu, jadi kita sedang lakukan simulasi. Cuma dari sisi fundamental kita sudah siap," ujar dia.

Firman menuturkan, saham yang akan dilepaskan ke publik setara dengan 20 persen saham ditempatkan dan disetor perseroan setelah IPO.

Dengan IPO ini, Firman menjelaskan, Perseroan akan naik kelas menjadi kategori Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) III. Lantaran untuk menjadi Bank BUKU III, BNI Syariah harus memiliki modal inti minimal Rp 5 triliun. Saat ini modal inti perseroan tercatat sekitar Rp 4 triliun. 

"Apabila price to book value kami antara 1,5 sampai 2 kali, maka tambahan modal yang kita dapatkan dari IPO ini sekitar Rp 1,5 triliun sampai Rp 2 triliun. Ini sudah lebih dari cukup untuk tambah modal inti sehingga kami bisa menjadi bank buku III," kata dia.

Firman menyakinkan, kinerja PT BNI Syariah tetap kuat sampai dengan akhir tahun ini. Terbukti, Perseroan optimistis bisa menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 27 triliun sepanjang 2018. "Kami yakin bisa mencapai laba Rp 400 miliar akhir tahun ini," ujar dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3600820/bni-syariah-bakal-lepas-saham-ke-publik-pada-awal-2019

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BNI Syariah Bakal Lepas Saham ke Publik pada Awal 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.