Search

3 Jurus RI Genjot Ekonomi Lewat Asian Games

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memiliki tiga cara untuk memaksimalkan dampak ekonomi Asian Games 2018 yang diperkirakan akan menghasilkan triliunan rupiah.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyebutkan tiga strategi utama pemerintah untuk memaksimalkan dampak ekonomi. Pertama menggaungkan promosi untuk nonton langsung Asian Games 2018, dengan meningkatkan kemudahan akses venue pertandingan untuk penonton lokal, penyelenggaraan even atraktif dilokasi pertandingan sehingga menarik minat menonton secara langsung.

"Indonesia menyelamatkan muka ASEAN seharusnya Asian Games di Hanoi, tapi enggak sanggup jadi Indonesia. Selain menyelamatkan muka ASEAN juga membawa dampak ke ekonomi‎," kata Bambang dalam sebuah diskusidi Kantor Bappenas, Jakarta, Minggu (29/7/2018).

Bambang melanjutkan, strategi kedua adalah memasimalkan peluang pariwisata dari Asian Games 2018. Hal ini dilakukan dengan membuat acuan perjalanan bagi wisatawan mancanegara yang berisi pengenalan budaya Indonesia, panduan mengunjungi Asia Games, pilihan wisata, tempat makan, dan pusat belanja.

Ketiga secara jangka panjang rekomendasi kebijakan untuk memaksimalkan jangka panjang Asian Games 2018 di antaranya pengelolaan venue usai Asian Games dilakukan secara profesional, peningkatan aktivitas event olahraga sebagai bagian dari grand design peningkatan prestasi olahraga Indonesia.

"Langkah selanjutnya adalah Bappenas akan melakukan pendalaman dan penyempurnaan analisis dampak ekonomi pelaksanaan Asian Games 2018 melalui pelaksanaan survei yang dilaksanakan selama Asian Games berlangsung, juga akan memanfaatkan big data," ucapnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3603776/3-jurus-ri-genjot-ekonomi-lewat-asian-games

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Jurus RI Genjot Ekonomi Lewat Asian Games"

Post a Comment

Powered by Blogger.