Search

Pengusaha Optimalkan Penyerapan Garam Lokal

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Industri Pengguna Garam Indonesia menyatakan, akan mengoptimalkan penyerapan garam produksi dalam negeri. Hal ini untuk mendukung upaya petambak garam lokal.

Ketua Asosiasi Garam Indonesia, Toni Tanduk mengatakan, sektor industri telah menyerap sebagian garam lokal hasil panen dari petambak. Total penerapannya diperkirakan sekitar 110 ribu ton.

"Penyerapan garam lokal sedang berjalan, dan mungkin panen puncak pada akhir September hingga awal Oktober 2018," kata Toni, di Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Berdasarkan catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan, terhitung hingga Juli pekan keempat total garam yang diproduksi tambak Indonesia mencapai 88 ribu ton. Jumlah tersebut berasal dari 21 tambak garam binaan KKP 69 ribu ton dan produksi PT Garam sebesar 19 ribu ton. 

Total tambak binaan KKP ada 21 lokasi yang tersebar seluruh Indonesia, mayoritas berada di Madura, Gresik dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Tambak binaan tersebut dikelola dalam mekanisme koperasi. 

Garam yang dihasilkan oleh petambak difokuskan untuk memenuhi kebutuhan garam konsumsi, meski begitu sebagian industri juga menyerap garam produksi petambak lokal tersebut.

Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Bramantyo menuturkan, untuk mengantisipasi garam tidak jatuh pada musim panen, KKP telah menyiapkan program resi bank bagi petambak yang mau menyimpan garam di gudang yang disediakan. 

Resi bank ini dapat ditukar ke bank rekanan, untuk mendapatkan modal produksi. Dengan program resi bank ini diharapkan para petambak tidak perlu lagi khawatir dengan harga garam. 

"Jadi harga tidak jatuh. Kemarin sempat ada kabar harga anjlok dari Rp 8 ribu ke Rp 2 ribu, karena pas lagi musim panen yang keluar banyak sekali. Ketika demand tidak banyak, harga jadi tidak karuan,” kata dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3605979/pengusaha-optimalkan-penyerapan-garam-lokal

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengusaha Optimalkan Penyerapan Garam Lokal"

Post a Comment

Powered by Blogger.