Search

Pemerintah Siapkan Skema untuk Tekan Laju Impor

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah berupaya untuk menekan impor sebagai respon dari melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS)‎.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, salah satu langkah yang akan segera direalisasikan guna menekan impor yaitu dengan menaikkan campuran minyak sawit (crude palm oil/CPO) pada solar menjadi 20 persen atau B20.

Langkah ini diharapkan bisa menekan impor bahan bakar, sekaligus meningkatkan harga jual CPO dalam negeri.

‎"Mengenai bahan bakar penggunaan B20 bisa diterapkan segera dan ini akan mempengaruhi impor bahan bakar minyak dan kurangi substitusi impor dan bisa meningkatkan ekspor atau nilai CPO kita," ujar dia di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan koordinasi lebih lanjut untuk menekan impor di sektor energi. Koordinasi ini akan melibatkan BUMN di sektor tersebut seperti Pertamina dan PLN.

"Untuk yang konten impornya besar, kami koordinasi dengan Kemenko, dan kementerian yang portofolionya terkait seperti Menteri Energi dan PLN dan Pertamina serta instansi yang memiliki proyek strategis yang punya konten impor yang tinggi," jelas dia.

Sedangkan di sektor infrastruktur, pemerintah juga akan mengevaluasi proyek-proyek yang membutuhan bahan baku impor. Jika memungkinkan untuk ditunda, maka proyek tersebut akan ditunda guna menahan laju impor.

‎"Untuk infrastruktur, kita akan memperketat untuk bisa yakinkan proyek tersebut penting dan urgent dilakukan. Kalau tidak, maka dia bisa ditunda tahun-tahun yang akan datang," tandas dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3606082/pemerintah-siapkan-skema-untuk-tekan-laju-impor

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemerintah Siapkan Skema untuk Tekan Laju Impor"

Post a Comment

Powered by Blogger.