Search

Tingkat Optimisme Pebisnis Indonesia Tertinggi di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China menurunkan tingkat optimisme para pelaku bisnis global terhadap prospek ekonomi. Kabar baiknya, kondisi ini berbeda bagi Indonesia. Tingkat optiisme pelaku bisnis di Indonesia justru tinggi, bahkan mencatat tingkat tertinggi di dunia dengan level 98 persen.

Demikian hasi survei Grant Thornton International Business Report (IBR) per kuartal II 2018. Data ini berasal dari hasil wawancara kepada lebih dari 2.500 pejabat di jenjang eksekutif, managing director, chairman atau eksekutif senior lain dari semua sektor industri yang dilakukan pada Mei-Juni 2018.

Berdasarkan hasil IBR tersebut, terlihat optimisme pelaku bisnis di Indonesia bertahan di angka 98 persen, yang menjadikannya sebagai tingkat optimisme bisnis tertinggi di dunia. Optimisme pelaku bisnis di Indonesia juga jauh di atas rata-rata ASEAN, yang berada di angka 64 persen dan Asia Pasifik di angka 55 persen.

“Kenaikan optimisme bisnis di kuartal kedua cukup dipengaruhi banyaknya festive season, seperti bulan Ramadan dan Lebaran yang mempengaruhi tingginya konsumsi masyarakat dan berpengaruh positif terhadap perputaran bisnis berbagai sektor industri,” ujar Johanna Gani, Managing Partner Grant Thornton Indonesia dalam keterangan pers, Senin (30/7/2018).

Untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan, pemerintah Indonesia berkomitmen untuk membangun industri manufaktur berdaya saing global melalui percepatan implementasi revolusi industri ke-4 atau Industri 4.0 yang diluncurkan di awal kuartal II tahun ini. Implementasi Industri 4.0 akan ditopang lima teknologi utama, yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence, Human-Machine Interface, teknologi robotic dan sensor, serta teknologi 3D Printing.

“Pelaku bisnis di Indonesia dapat memanfaatkan komitmen pemerintah tersebut untuk menentukan strategi investasi jangka panjang demi menjaga pertumbuhan secara berkelanjutan. Dan tentu tetap waspada terhadap dampak perang dagang untuk pasar dalam dan luar negeri,” pungkas Johanna.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3604964/tingkat-optimisme-pebisnis-indonesia-tertinggi-di-dunia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tingkat Optimisme Pebisnis Indonesia Tertinggi di Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.